TAMU EKSPRES

Tingkatkan Laba, Genjot Penjualan Dealer

Hans M. Palijama, Area Manager Sulawesi, Ambon, Papua PT Clipan Finance Indonesia

Bisnis pembiayaan ke depan masih memiliki prospek menjanjikan. Saat ini, tantangan persaingan di perusahan Multifinance meningkat, meski kondisi pasar pembiayaan otomotif sedikit lesu.

Animo masyarakat untuk memiliki kendaraan membuat persaingan bisnis, khususnya bisnis pembiayaan semakin ketat.Apalagi, sejumlah perusahan pembiayaan bermunculan dengan strategi bisnis yang mutakhir.

Seperti apa Clipan Finance mempersiapkan srategi pemasaran yang kuat dan disenangi customer agar eksistensinya sebagai perusahaan pembiayaan raksasa tetap tegak di Indonesia? Berikut ini petikan wawancara wartawan Harian Ujungpandang Ekspres (Upeks), Muhajir dengan Hans M. Palijama, Area Manager Sulawesi, Ambon, Papua PT Clipan Finance Indonesia di kantornya, Selasa (7/3/2017).

Strategi apa yang telah Anda siapkan untuk membuat Clipan Finance tetap eksis?
Bersama mitra kerja sudah memikirkan keberlangsungan bisnis Clipan Finance dalam mempersiapkan strategi bisnis yang kuat untuk menghadapi persaingan pasar di 2017 ini.

Clipan Finance lebih memusatkan strategi bisnis dalam hal membantu dealer untuk meningkatkan penjualannya, dengan membuat program-program yang menciptakan sistem dengan proses yang cepat, bunga murah, dan pemberian reward yang langsung pada customer. Sehingga tetap menjadi primadona dalam hal bisnis pembiayaan di wilayah Timur Indonesia.

Apakah dealer juga ikut berperan dalam kemajuan bisnis ini?
Ya, dealer memegang peranan penting untuk kemajuan bisnis pembiayaan, yakni sebagai suatu badan atau perorangan yang bertugas sebagai tangan distribusi dari produsen kepada konsumen.

Untuk meningkatkan penjualan, apa yang Anda lakukan?
Tentunya kami akan meningkatkan progres join promotion untuk dealer dan Cilpan Finance, semacam membuat Public Display di tempat-tempat umum. Nah, ini untuk meningkatkan penjualan dari dealer. Sehingga kalau ini sukses maka akan bertambah pula sisi penjualan pada leasing. Strategi ini yang terus digenjot untuk bisa meningkatkan penjualan.

Berapa laba yang berhasil dibukukan?
Sesuai komitmen untuk meningkatkan penjualan, realisasi laba tahun 2016 lalu mencapai 130%. Peningkatan penjualan, tentu tidak lepas dari pelayanan. Agar perseroan terus mendapatkan laba, maka karyawan maupun dealer menggenjot pelayanan dan penjualan agar dapat terus meningkatkan prestise perusahaan mencapai tingkat kesuksesan tahun ini.

Boleh tahu, laba tersebut berasal dari pendapatan apa saja?
Laba diperoleh dari pendapatan administrasi, pendapatan bunga, pendapatan profesi. Tapi menyumbang terbesar adalah pendapatan bunga. Karena bunga yang kita berikan ke customer. kalau profesi kan cuma sedikit. Begitu pun administrasi dan pendapatan asuransi itu kan kecil dibanding pendapatan bunga. (mg3/hms)

Fokus Pembiayaan Roda Empat

Kesuksesan yang diraih oleh PT. Clipan Finance Indonesia Tbk didirikan tahun 1982 ini, tentu tidak lepas dari usaha dan kerja keras para pimpinan dan karyawannya.

Clipan Finance menjadi perseroan pembiayaan tertua di Indonesia yang telah mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Jakarta pada tahun 1990. Melalui bursa, pada tahun 1997 Panin Bank mengambil alih kepemilikan saham Perseroan dari Credit Lyonnais yang menjadikan PT Panin Bank sebagai pemegang saham mayoritas Perseroan hingga kini.

Hans M. Palijama selaku Area Manager Sulawesi, Ambon, Papua PT Clipan Finance Indonesia, mengatakan, setelah 30 tahun berkiprah di Indonesia dengan bisnis pembiayaan konsumen, sewa pembiayaan dan anjak piutang, Clipan Finance akhirnya menjadi perusahaan pembiayaan terbaik dengan pelayanan yang berkualitas yang didukung dan dipercaya oleh konsumen dan mitra kerja.

” Dalam menjalankan kegiatan usahanya, Clifan Finance memfokuskan aktivitas pendanaan pada aset dengan imbal hasil yang tinggi sambil terus memberikan perhatian khusus terhadap kualitas aset. Dalam aktivitas pendanaan, terfokus pada pembiayaan untuk kepemilikan kendaraan beroda empat,” terangnya. (mg3/hms)

Utamakan Pelayanan Terbaik

Customer menempati posisi penting dalam bisnis pembiayaan, maka mau tak mau Clipan Finance mesti mengusung strategi untuk
meningkatkan pelayanan pada customer.

Mengutamakan pelayanan terbaik terus dilakukan agar customer betah dan memiliki tingkat kepercayaan tinggi pada perusahaan.

Untuk itu, dibawah kepemimpinan Hans, Clipan Finance Sulawesi, Ambon dan Papua akan lebih menampilkan rate yang lebih murah dan proses transaksi yang cepat dengan persyaratan yang fleksibel.

Proses yang cepat itu, dikatakan oleh Hans bisa menghasilkan transaksi bisnis satu hari selesai. Untuk mewujudkan itu, pria lulusan STIEM Bongaya itu akan membangun komitmen pada dealer, agar bisa mengawal proses cepat itu. “Jadi satu hari selesai, itu yang kita pertahankan. Kalau aplikasi masuk pagi, sore itu kita bisa berikan hasil,” ujarnya.

Proses yang cepat inilah yang bagi Hans akan membedakan Clipan Finance dengan perusahaan pembiayaan yang lainnya. “ Jadi kalau misalnya kita bicara proses, kalau Leasing lain itu bisa sampai dua-tiga hari. Kalau dengan kita lengkap berkas, kita bisa one day service istilahnya,” ujarnya.

Komitmen Hans dalam hal pelayanan dan peningkatan penjualan menjadikan PT Clipan Finance Sulawesi, Ambon dan Papua mencapai realisasi laba terus meningkat signifikan hingga tahun 2016 melampaui 100%.

Jatuh Cinta pada Leasing

Bergelut di dunia jasa keuangan dan perbankan, tak asing lagi buat Hans M. Palijama. Seakan telah jatuh cinta kepada perusahaan pembiayaan atau leasing, sebelum bergabung di PT Clipan Finance Indonesia, Pria kelahiran Ambon, 23 Maret 1971 ini, pernah berkarier di sejumlah perusahaan pembiayaan ternama. Bahkan sampai menduduki jabatan strategis sebagai pimpinan. Yakni Branch Manager FIF Group, Area Manager Adira Finance dan Area Menager Kembang 88 Multifinance.

Berbekal pengalaman dan kompetensi di bidang pembiayaan tersebut, membuat alumni S1 STIEM Bongaya ini semakin mantap untuk memajukan PT Clipan Finance Indonesia. Terbukti setiap tahun mendapatkan laba yang terus meningkatkan.

Selaku pimpinan, Hans M. Malijama mengakui, suksesnya perusahaan sangat ditentukan oleh pelayanan. Untuk itu, peningkatan pelayanan dari tahun ke tahun sangat dijaga. Alhasil, menambah daya tarik customer untuk beralih ke Clipan Finance.

“Kuantitas customernya meningkat dari tahun ke tahun, semua itu tidak lepas dari pelayanan terbaik yang berusaha kami berikan,” ujarnya.

Sebagai seorang pimpinan, Hans punya banyak cara untuk menarik customer, yakni melakukan sosialisasi melalui dealer dengan mengutamakan proses cepat dan penawaran harga yang murah.

Selain, itu kerjasama dan kekompakan seluruh karyawan sangat dibutuhkan demi kemajuan perusahaan.
“Kerjasama itu sangat penting. Maju tidaknya perusahaan itu didukung oleh manajemen yang baik dan kerjasama yang solid,” tandas Wakil Ketua Bagian Jasa Keuangan dan Perbankan DPD II Partai Golkar Kota Makassar. (mg3/hms)

DATA DIRI

Nama : Hans M. Palijama
TTL : Ambon, 23 Maret 1971
Pendidikan: S1 STIEM Bongaya
Karier Jabatan:
– Branch Manager FIF Group
– Area Manager Adira Finance
– Area Menager Kembang 88 Multifinance
– Area Manager Sulawesi, Ambon dan Papua PT Clipan Finance Indonesia

Most Popular

To Top