Dari Pendidik Hingga Melayani Rakyat – Upeks.co.id
TAMU EKSPRES

Dari Pendidik Hingga Melayani Rakyat

Drs H Abdul Hamid MM, Sekretaris DPRD Kabupaten Majene

Bagi masyarakat Kabupaten Majene, sosok Drs H Abdul Hamid MM pasti tak asing lagi. Ia adalah salah satu putra daerah yang sukses dalam berkarier. Pria kelahiran Majene, 2 April 1961 pantas untuk menjadi inspirasi bagi generasi muda, khususnya yang ada Kabupaten Majene.

Kesuksesan yang diraih Abdul Hamid, tidak lepas dari usaha kerja keras dan pantang menyerah. Terutama dalam menuntut ilmu. Pasalnya, ilmu menjadi jembatan untuk meraih keberhasilan.

Setelah menyelesaikan pendidikan SD, SMP dan SMA di daerah kelahirannya Majene, Sulawesi Barat (Sulbar), kemudian masuk ke Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Makassar dan selesai tahun 1985. Tak berhenti sampai di situ, lalu melanjutkan studinya ke salah satu perguruan tinggi swasta di Makassar dan meraih gelar S2.

Berbekal ilmu pendidikan yang dimiliki, Abdul Hamid mulai bekerja sebagai guru dengan status pegawai negeri sipil (PNS) pada 1 Maret tahun 1986 dengan status sebagai Guru Mata Pelajaran Fisika pada SMA Negeri 1 Majene hingga tahun 2000.

Semasa menjadi tenaga Guru pada SMA Negeri 1 Majene, dia aktif mengikuti pelatihan-pelatihan yang berkaitan dengan tugasnya, seperti Pengujian Pendidikan di Bogor tahun 1998, Pelatihan Guru Fisika di Ujungpandang tahun 1998 dan Pelatihan Guru Fisika di Ujungpandang tahun 1999. Ia juga pernah mengikuti program penugasan ke luar negeri, yaitu di Singapura dan Malaysia pada 1986.

Di bidang Organisasi, dia juga dikenal aktif sejak tahun 1994. Seperti organisasi kepemudaan dan menjadi anggota pengurus DPD AMPI Kabupaten Majene tahun 1991-1994 dan terakhir sebagai pengurus Soksi Kabupaten Majene dari tahun 2008 sampai tahun 2012.

Berkat loyalitas dalam bertugas, pada tahun 2001, Abdul Hamid diangkat menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Tata Usaha pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Majene tahun 2001, selanjutnya pada tahun yang sama tahun 2001 diangkat menjadi Kepala SMA Negeri 1 Majene.

Karier Abdul Hamid terus melejit, tahun 2007 diberi amanah menjabat Kepala Bidang PLS pada Dinas Pendidikan Kabupaten Majene, selanjutnya pada awal tahun 2009, diangkat menjadi Sekretaris Pendidikan Kabupaten Majene dan tahun 2011 akhirnya diangkat menjadi Kepala Dinas Pendidikan. Tahun 2016 dimutasi menjadi Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga, selanjutnya awal tahun 2017 dimutasi menjadi Sekretaris DPRD Kabupaten Majene.

Sosok Abdul Hamid yang berlatar belakang sebagai seorang Pendidik, ia bertekad ingin memaksimalkan pelayanan terhadap DPRD Kabupaten Majene. (Ali/hms)

Fasilitasi Kegiatan Anggota Dewan

Selaku Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Majene Abdul Hamid memiliki tekad memberikan pelayanan maksimal kepada Anggota DPRD dalam pelaksanaan tugas-tugas DPRD.
Menurut Abdul Hamid, pihaknya akan berupaya optimal menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya, sesuai dengan Tupoksi (Tugas Pokok dan Fungsi) Sekretaris DPRD, serta peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

Adapun Tupoksi Sekretaris DPRD, diantaranya memberi pelayanan administratif kepada DPRD, dalam menyelenggarakan sidang-sidang, urusan rumah tangga dan keuangan DPRD, serta memfasilitasi rapat, menyelenggarakan urusan rumah tangga dan perjalanan dinas DPRD, serta mengelola Tata Usaha DPRD.

Selain itu, juga melaksanakan koordinasi dan membina kerja sama, mengintegrasikan dan mengsinkronisasikan seluruh penyelenggaraan tugas Sekretariat DPRD, melaksanakan perencanaan dan koordinasi dalam melakukan perumusan kebijakan Pimpinan DPRD, melaksanakan kegiatan pembinaan adminstrasi di lingkungan Sekretariat DPRD, menyelenggarakan persidangan dan pembuatan risalah yang diselenggarakan oleh DPRD, memelihara dan menjaga ketenteraman dan ketertiban di lingkungan Sekretariat DPRD, serta melaksanakan
tugas-tugas yang diberikan oleh atasan.

Menurut Abdul Hamid, berkaitan dengan Tupoksi Sekretaris DPRD Kabupaten Majene, ia akan senantiasa berupaya optimal melakukan pembinaan, termasuk melaksanakan briefing secara rutin dengan seluruh Kepala Bagian, Kepala Sub Bagian dan Pelaksana di lingkungan Sekretaris DPRD Majene. Sekaligus mengarahkan berbagai tugas yang harus dilaksanakan dengan baik dan optimal, oleh masing-masing Bagian dan Sub Bagian, untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan pelaksanaan tugas Kesekretariatan DPRD serta DPRD Majene. Ali/hms)

Menjalankan Tugas dengan Baik

Sebagai Sekretaris DPRD Kabupaten Majene, Abdul Hamid selalu berusaha menjalankan tugas dengan baik. Untuk itu, meminta sekaligus menginstruksikan kepada seluruh Kepala Bagian, Kepala Sub Bagian dan Pelaksana di lingkungan Sekretaris DPRD Majene agar senantiasa bergerak cepat dalam melaksanakan tugas, sesuai dengan aktivitas Pimpinan dan Anggota DPRD Majene, khususnya dalam melaksanakan tugas pelayanan kepada Pimpinan dan Anggota DPRD Majene dalam berbagai bidang.

Ia juga tidak akan segan-segan mengingatkan kepada seluruh Kepala Bagian, Kepala Sub Bagian dan Pelaksana di lingkungan Sekretaris DPRD Majene, untuk senantiasa siap menghadapi berbagai kemungkinan yang akan terjadi.

Sebab menurutnya, Sekretariat DPRD Majene merupakan salah satu OPD (Organisasi Perangkat Daerah) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Majene, yang memiliki kekhususan tersendiri, yakni disamping sebagai lembaga Struktural Pemerintah Daerah Kabupaten Majene juga sebagai lembaga politik.

“Ini sangat penting dilaksanakan dan diantisipasi oleh seluruh Kepala Bagian, Kepala Sub Bagian dan Pelaksana di lingkungan Sekretaris DPRD Kabupaten Majene. Maksud dan tujuannya, agar seluruh pegawai di lingkungan Sekretariat DPRD Majene lebih kreatif, reaktif dan responsif, terutama dalam memberikan dan meningkatan pelayanan kepada Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Majene dengan baik dan optimal dalam berbagai bidang,” terangnya. (Ali/hms)

DATA DIRI

Nama : Drs H Abdul Hamid, MM
NIP : 19610402 1986 031017
TTL : Majene, 2 April 1961
Agama : Islam
Pangkat (Golongan) : Pembina Utama Muda (IV/c)
Pendidikan Terakhir : S2
Alamat : Kelurahan Labuang, Kecamatan Banggae Timur

* Riwayat Diklat Struktural
– Diklat PIM III di LAN Makassar Tahun 2008
* Riwayat Diklat Fungsional
– Pengujian Pendidikan di Bogor Tahun 1998
– Pelatihan Guru Fisika di Ujungpandang Tahun 1998
– Pelatihan Guru Fisika di Ujungpandang Tahun 1999

*Riwayat Organisasi :
– DPD Ampi Kab. Majene (1991-1994)
– BKPRMI Kab. Majene/ Bendahara (1991-1994)
– Sekretaris KNPI Kab. Majene (1994-1997)
– Pemuda Pancasila Kab. Majene (1998-2002)
– Ketua Bid.Organisasi AMPI Kab. Majene (1994-1998)
– Ketua Club Tennis Tutwuri Handayani Majene (1996-2002)
– Pengurus Partai Golkar Majene (2002-2001)
– Sekretaris MKKS Kab. Majene (2004-2008)
– SOKSI Kab. Majene (2008-2012)

* Tanda Jasa/ Penghargaan :
– Kader Disiplin Nasional (2002)

* Penugasan Luar Negeri
– Singapura dan Malaysia (2006)

BERITA POPULER

To Top