Jamkrida Fokus Perluas Mitra Bank – Upeks.co.id
PERBANKAN FINANCE

Jamkrida Fokus Perluas Mitra Bank

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Baru beroperasi lima bulan sejak Oktober 2016 lalu, PT Jamkrida Sulsel terhitung sebagai pemain baru di lini bisnis penjaminan di Sulawesi Selatan. Sehingga, Perusahaan Penjaminan Kredit Daerah (PPKD) tahun ini lebih fokus memperluas jaringan kemitraan dengan perbankan.

Direktur Utama PT Jamkrida Sulsel, Mulyan Pulubuhu, mengatakan, sejauh ini pihaknya sudah bermitra dengan Bank Sulselbar dan tiga BPR (Bank Perkreditan Rakyat). Masih dibutuhkan perluasan jaringan kemitraan untuk memacu volume penjaminan.

“Kita kan masih pemain baru jadi masih fokus memperluas kemitraan dengan bank,” kata mantan Direktur Umum dan Keuangan Perusda Pemprov Sulsel ini kepada Upeks di kantornya, Rabu (15/3/17).

Mulyan, mengaku, saat ini tengah melakukan pendekatan kepada dua bank plat merah, BRI dan BNI untuk digandeng menjadi mitra perseroan.

“Saya sudah ketemu dengan Dirut BRI dan Kakanwil BNI Makassar. Kami masing-masing sedang mengonsep format kerjasama itu,” jelas alumni Fakultas Ekonomi Unhas itu.

Selain bank umum, beberapa BPR seperti BPR Malili, Selayar, Tana Toraja, juga sudah pada proses yang sama. Kerjasama ini nantinya diharapkan bisa memperluas lini bisnis penjaminan kredit.

“Penjaminan kredit itu kan bergantung progres mitra banknya. Makanya fokus di sini dulu,” bebernya.

Adapun produk perseroan yakni penjaminan proyek kepada kontraktor atau dikenal Surety bond. Dari kedua produk itu, Jamkrida Sulsel sudah menggaet 250 nasabah posisi Maret 2017.

“Untuk penjaminan proyek ini akan melaju di bulan April seiring serapan anggaran APBN dan APBD. Kami juga sudah menjajaki kerjasama dengan asosiasi-asosiasinya seperti Gapeksi dan AKLI,” sebutnya.

Mulyan berharap, dengan konsentrasi tersebut bisa membuahkan kinerja yang baik tahun ini sehingga memicu suntikan modal tambahan dari Rp25 miliar saat ini.

“Memang ada ketentuan OJK bahwa dalam 5 tahun Jamkrida minimal harus punya modal Rp50 miliar dan kita juga berharap akan ada tambahan modal tapi harus tunjukkan kinerja dulu. Nanti juga akan ke sana,” terangnya. (hry/suk)

Click to comment
To Top