EDUKASI BUDAYA

RJI Agendakan Workshop Tata Kelola Jurnal Online

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Dalam rangka meningkatkan publikasi ilmiah, pengurus Relawan Jurnal Indonesia (RJI)

Sulsel akan melaksanakan Workshop Tata Kelola Jurnal Online Terakreditasi Nasional dan Bereputasi Internasional. Kegiatan ini bekerjasama dengan pengelola Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling (JPPK) UNM dan Jurnal Daya Matematis UNM, di Gedung PPs UNM pada 25 Maret mendatang.

Ramlan Mahmud.M.Pd, Ketua Panitia mengatakan kegiatan ini akan diikuti seluruh pengelola jurnal dari intitusi perguruan tinggi di Sulsel dan dari luar Sulsel. Tujuannya untuk memberikan pemahaman serta pelatihan secara langsung kepada peserta tentang mengelola jurnal online berbasis OJS dengan baik.

“Dalam mengelola jurnal secara online beberapa prinsip utama yang diutamakan yaitu melakukan proses manajemen distribusi artikel dengan baik dan benar, mulai dari proses submit hingga proses publikasi. Itu mengacu target fokus kepada tata kelola jurnal menuju akreditasi nasional dan bereputasi internasional,” tukas Ramlan Mahmud saat ditemui di ruang kerjanya, kemarin.

Ramlan menambahkan, kegiatan ini terselenggara dengan tujuan menindaklanjuti yang telah diterbitkan Permenristekdikti Nomor 20 Tahun 2017 tentang Pemberian Tunjangan Profesi Dosen dan Tunjangan Kehormatan.

“Sehingga RJI Sulsel mendorong pengelola dalam menata jurnalnya sesuai dengan yang telah ditetapkan agar berpeluang untuk terakreditasi oleh Kementrian Ristekdikti,” pungkasnya.

Kemudian Ramlan menjelaskan, mengenai RJI Sulsel sendiri merupakan perkumpulan para pengelola jurnal yang mendedikasikan dirinya untuk membantu para pengelola jurnal lainnya. Adapun visi RJI adalah membantu mewujudkan pengelolaan jurnal ilmiah secara elektronik yang berkualitas dan bereputasi.

“Alhamdulillah RJI Sulsel sendiri akan menghadirkan pengurus pusat dan RJI sulsel sebagai narasumber dalam kegiatan ini nanti,” terangnya. (mg05/mah)

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!