UU Moneter dan Sistem Keuangan Harus Harmonis – Upeks.co.id
PERBANKAN FINANCE

UU Moneter dan Sistem Keuangan Harus Harmonis

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Peraturan Undang-undang yang ada saat ini, terutama kaitannya dengan UU Fiskal, UU Sistem Moneter dan Keuangan, serta UU Pengawasan, perlu penyesuaian. Hal paling urgent adalah harmonisasi UU Moneter dan Sistem Keuangan.

Demikian terungkap dalam Seminar dan Diskusi mendalam tentang ‘Reposisi Otoritas Sistem Keuangan Indonesia dalam Pembangunan Ekonomi Nasional’, yang digelar seluruh akademisi Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin (Unhas) Departemen Ilmu Ekonomi, Selasa (14/3/17) kemarin, di Kampus Unhas.

Bertindak sebagai pemateri adalah Prof Dr Marsuki DEA Ph.d, Ketua Department Ilmu Ekonomi, Drs Muhammad Yusri Zamhuri, MA Phd. Juga dihadiri dosen–dosen senior seperti Dr Hamid Paddu, Prof Rahmatia, Dr Fatmawati dan civitas akademik lainnya.

Marzuki mengatakan, lembaga-lembaga yang baru lahir, seperti Otoritas Jasa Keuangan (OJK0 dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) adalah lembaga turunan dari UU BI, sehingga OJK dan LPS ini diharapkan menjadi lembaga yang mensupport secara penuh BI sehingga mencapai stabilitas ekonomi secara makro.

“Sayangnya dalam perjalanan, ada beberapa aturan yg masih terhimpit artinya belum bersenergi, sehingga dibutuhkan proses harmonisasi yang lebih adaptabel sehingga dua lembaga ini lebih optimal dalam tugasnya,” tegas eks anggota Badan Supervise Bank Indonesia ini.

Sementara itu, Ketua Departemen Ilmu Ekonomi Unhas, Drs Muhammad Yusri Zamhuri MA Phd, menyampaikan, sebagai penghasil ekonom-ekonom unggulan, pihaknya akan mengadakan seminar dan diskusi terkait isu-isu nasional secara regular tiap bulan.

“Hasil–hasil pemikiran dari seminar dan diskusi akan dirangkum dan diharap dapat menjadi acuan pengambil kebijakan ke depannya,” katanya. (suk)

Click to comment
To Top