PERBANKAN FINANCE

BRI Syariah Dorong Pembiayaan KPR

MAKASSAR, UPEKS.co.id — PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Syariah Cabang Makassar masih mengandalkan pembiayaan rumah atau KPR untuk mendongrak penyaluran pembiayaan di sektor konsumer. Targetnya, porsi konsumer bisa 40%.

Pimpinan BRI Syariah Cabang Makassar, Toras Pulungan, mengatakan, perseroan masih mengandalkan KPR untuk mendulang penyaluran pembiayaan yang baik di segmen konsumer. Hal itu sejalan dengan potensi Sulawesi Selatan yang masih ditopang oleh sektor konsumsi.

“KPR tahun lalu hanya menyumbang dibawah 10 persen pada pembiayaan konsumer. Tahun ini semoga bisa di atas itu,” kata Toras, kemarin.

Harapannya, kata Toras, pembiayaan rumah ini bisa berkontribusi dalam target pembiayaan sektor konsumer sebesar 40%. Sedangkan, di sektor produktif diharapkan bisa sampai 60%.
Sektor produktif ditargetkan pada porsi yang lebih besar untuk menggerakkan sektor riil. Sehingga, manfaatnya bisa langsung dirasakan oleh masyarakat.

Sementara, Kepala OJK Regional 6 Sulampua, Bambang Kiswono, mengatakan, meski perkembangan aset bank umum syariah di Sulawesi Selatan masih melambat dengan pertumbuhan -3,36% yoy, indikator DPK dan pembiayaan masih dapat tumbuh masing-masing 10,36% dan 3,46% yoy, dengan market share terhadap total aset industri bank umum sebesar 5,3%.

“Pertumbuhan yang baik juga terlihat pada perkembangan jumlah rekening DPK syariah yang tumbuh 17,06% menjadi 387.774 rekening, serta jumlah rekening pembiayaan syariah sebesar 979.751 rekening tumbuh 29,13% yoy,” kata Bambang.

Selanjutnya, intermediasi bank umum syariah juga masih di level yang tinggi sebesar 145%, dengan NPF terjaga di angka 3,02%. (hry/suk)

Most Popular

To Top