EDUKASI BUDAYA

Materi UN 2017 Lebih Gampang

Siswa SMAN 3 Takalar Gelar Dzikir

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Para peserta Ujian Nasional (UN) 2017 tingkat SMA/MA dan SMK diminta tidak galau. Selain nilai UN bukan lagi penentu kelulusan, materinya pun lebih mudah.
Asalkan, menurut KepalaBalitbang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Totok Suprayitno, siswa mempelajari materi yang sudah diajarkan guru.

“Peserta UN baik berbasis komputer maupun kertas pensil, percaya diri saja. Selama belajar baik, pasti bisa? menjawab karena soalnya standar, tidak terlalu sulit,” kata Totok di kantornya.
Totok pun mengimbau siswa tidak melakukan kecurangan.? Materi UNBK hampir setara UNKP dan rata-rata sudah dipelajari siswa.

“Bagi yang UNBK, nggak usah grogi. Kalau sering latihan dan terbiasa menggunakan komputer, pasti sangat mudah,” ucapnya.Untuk meningkatkan kualitas lulusan SMA/MA dan SMK, setiap tahun pemerintah membuat materi UN yang bervariasi. Namun, pemerintah sellau memberikan kisi-kisi agar siswa lebih mudah untuk belajar.

Sementara itu, siswa Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 3 Kabupaten Takalar menggelar dzikir dan doa bersama di aula sekolah, Kamis (16/3) kemarin.Kepala SMAN 3 Kabupaten Takalar, Abdullah Talli mengatakan dzikir ini sudah menjadi rutinitas bagi siswanya menjelang pelaksanaan ujian. Baik itu ujian sekolah maupun ujian nasional (UN).

Abdullah Talli menyebutkan, jumlah peserta ujian di sekolahnya sebanyak 390 siswa. Tidak hanya ratusan siswa itu, para guru maupun staf di sekolahnya diwajibkan ikut dzikir dan doa bersama.
Salah satu siswa SMA Negeri 3 Takalar, Irmawati, mengaku sudah mempersiapkan berbagai hal menghadapi ujian nasional. Harapannya tentu bisa sukses menjalani ujian tersebut.

“Semua persiapan kita sudah siap. Sebab berbagai kegiatan seperti bimbingan belajar dan pelatihan sudah kita lakukan secara baik,” katanya.Meski begitu, sambung Irmawati, persiapan itu tidak bisa lepas dari berdoa kepada Allah SWT. Sebab yang menentukan sukses tidaknya seseorang adalah Sang Pencipta. (jah/mah)

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!