94 SMP Numpang UNBK – Upeks.co.id
EDUKASI BUDAYA

94 SMP Numpang UNBK

Disdik Sebut Terkendala Fasilitas

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2017 tak lama lagi. Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Makassar pun telah merampungkan persiapannya.

Data yang dihimpun, sebanyak 255 sekolah tingkat menengah pertama atau SMP yang siap melaksanakan UNBK. Dimana 161 SMP melaksanakan UNBK secara mandiri. Kemudian sebanyak 94 sekolah yang akan melaksanakan UNBK menumpang di sekolah lain.

“Persiapannya sudah. Sekolah yang tidak bisa melaksanakan, bisa numpang,” kata Kepala Disdik Kota Makassar, Ismunandar, Minggu (19/3) kemarin.

Disdik Makassar hanya menangani UNBK tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan sederajat. Namun, beberapa SMP di Makassar masih terkendala fasilitas.

Bahkan, beberapa sekolah negeri masih belum terjangkau jaringan internet. Sekolah yang bersangkutan pun diinstruksikan untuk numpang pada sekolah yang memiliki fasilitas lengkap.

Menurut Ismunandar, pemerintah pusat memang mendorong semua pemerintah daerah (Pemda) untuk melaksanakan UNBK. Pasalnya, UNBK dinilai sebagai sistem ujian yang terbaik.

UNBK dianggap sebagai sistem untuk meningkatkan kejujuran pelajar. Pelajar tidak lagi bisa mencontek atau pun dibantu untuk mengerjakan soal-soal ujian.

UNBK, katanya, memang bukan lagi sebagai faktor kelulusan siswa. Namun, UNBK sangat penting untuk memetakan kualitas pendidikan di Indonesia.

Hal senada diutarakan Sekretaris Disdik Kota Makassar, Muhamamd Hasbi. Dia menambahkan, sebanyak 255 SMP di kota ini siap melaksanakan UNBK. “Sekolah-sekolah juga mulai menggelar simulasi UNBK,” katanya.(rul/mah)

BERITA POPULER

To Top