Anggaran Budidaya Cabai Rp5 M – Upeks.co.id
SMART CITY

Anggaran Budidaya Cabai Rp5 M

MAKASSAR,UPEKS.co.id — Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar mengucurkan anggaran Rp5 miliar untuk mensukseskan program Badan Usaha Lorong (Bulo). Anggaran tersebut disalurkan melalui Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Makassar.

Alokasi ini guna melaksanakan program budidaya cabai. Anggaran ini meliputi belanja bahan, bibit dan media tanaman sebesar Rp2,1 miliar. Lalu, ada belanja pupuk sebanyak Rp2,9 miliar.

Kepala DKP Makassar, Sri Sulsilawati mengaku, anggaran itu untuk pengadaan benih, pupuk, raknya dan pendukung lainnya. Pengadaannya untuk 500 lorong di Makassar.

“Rp10 juta per satu lorong. Ini akan melibatkan komunitas kelompok tani,” terang Sri, baru-baru ini.

Di mana, akunya, Pemkot Makassar memang ditunjuk pemerintah pusat sebagai pilot project pelaksanaan program budidaya cabai.

Rencananya, hasil budidaya cabai disusul dengan panen raya pada Juli yang bertepatan dengan Hari Koperasi.

“Kita juga road show di semua kecamatan untuk memberikan bimbingan teknis kepada kelompok tani,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bappeda Makassar, Hadijah Iriani Ridwan mengatakan, program ini juga untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Selain itu, sebagai tindak lanjut instruksi dari pemerintah pusat. Penanaman massal sebagai ujicoba sudah dilakukan beberapa waktu. (rul/ris)

Click to comment
To Top