Kejati Dinilai Tebang Pilih Tetapkan Tersangka – Upeks.co.id
SMART CITY

Kejati Dinilai Tebang Pilih Tetapkan Tersangka

MAKASSAR,UPEKS.co.id — Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulawesi Selatan (Sulsel), dinilai tebang pilih menetapkan tersangka kasus dugaan korupsi pengadaan bibit kakao Sambung Pucuk.

Pasalnya, penyidik Kejati hanya menyeret satu orang tersangka, yakni mantan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Saksi Manopo. Sementara masih ada sejumlah pejabat lainnya, yang juga diduga memiliki keterlibatan.

Tak hanya tidak berani menetapkan tersangka pejabat, penyidik juga hingga saat ini belum berani menyeret lima rekanan selaku pelaksana pengadaan bibit kakao tersebut.

Menurut Wakil Direktur Anti Corruption Committee (ACC) Sulawesi, Kadir Wokanubun, penyidik terkesan menutup-nutupi serta melindungi para pejabat di Dinas Perkebunan Provinsi Sulsel dan lima rekanan proyek tersebut.

Tentu kata Kadir, hal ini menimbulkan pertanyaan di masyarakat, terkait kinerja Kejati Sulsel dalam penuntasan kasus korupsi di wilayah Sulsel dan Barat.

“Sampai saat ini belum ada upaya penyidikan lanjutan untuk menyeret pihak-pihak yang diduga memiliki peran dan keterlibatan dalam proyek tersebut. Padahal mengakibatkan kerugian negara miliaran rupiah,” ucap Kadir, Minggu (19/3/17).

Kadir menilai, penyidik dalam menangani kasus ini, tidak bekerja secara maksimal, bahkan tidak bersikap obyektif dalam melihat perkara. Sebab masih ada pihak yang terkesan dilindungi dan tidak pernah tersentuh sama sekali.

Menurut Kadir, sangat tidak logis dalam kasus korupsi seperti ini yang nilai kerugiannya hingga miliaran rupiah, penyidik hanya menyeret satu orang tersangka saja. Apalagi indikasinya adalah mark up harga.
“Jadi sangat aneh kalau rekanan sebagai penyedia bibit tidak dijadikan tersangka juga,” terang Kadir. (jay/ris)

Most Popular

To Top