Poltekes Kemenkes Siapkan 1.200 Kuota Maba – Upeks.co.id
EDUKASI BUDAYA

Poltekes Kemenkes Siapkan 1.200 Kuota Maba

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Politeknik Kesehatan (Poltekes) Kemenkes Makassar kembali membuka pendaftaran mahasiswa baru dengan 8 Program Studi (Prodi) yakni Fisioterapi, Analisis Kesehatan, Gizi, Farmasi, Keperawatan, Kebidanan, Kesehatan Lingkungan, dan Keperawatan Gigi.

Penerimaan mahasiswa baru Politeknik Kesehatan (Poltekes) Kemenkes Makassar menerima dua jalur penerimaan yakni, jalur penelusuran minat dan prestasi (PMDP) dengan waktu pendaftaran 10 Februari s/d 31 Maret 2017 dengan persyaratan siswa kelas XII SMA/SMK/MA/MAK yang tidak memiliki nilai di bawah nilai 7 dari semester I s/d V dan memiliki prestasi dibidangseni, keilmuan serta olahraga.

Sedangkan jalur umum, keluarga miskin (Gakin), daerah tertinggal, perbatasan dan kepulauan (DPTK) dan lintas propinsi mulai dibuka dengan waktu pendaftaran 3 April s/d 2 Juni 2017.
Adapun pelaksanaan ujian tertulis 7 Juni 2017. Persyaratan pendaftaran, lulusan SMK/MA/MAK atau sederajat; Lulusan paket C.

Dr. Herman Pudir IV, Bidang Kemahasiswaan Poltekkes Kemenkes Makassar mengatakan mengingat setiap tahun Poltekes Makassar jumlah pendaftarnya membludak agar rasio Dosen dengan Mahasiswa seimbang untuk tahun ajaran 2017/2018, pihaknya akan menerima mahasiswa setiap prodi maksimal 150 mahasiswa.

“Jadi secara keseluruhan kami menyiapkan 1200 kuota untuk tahun ajaran 2017/2018,” tandas Herman saat ditemui diruang kerjanya, Sabtu pekan lalu.

Lanjut Herman mengatakan jumlah kuota yang disiapkan harus disesuaikan dengan rasio tim pengajar dengan mahasiswa. Sehingga dalam proses belajar lebih efektif.

“Rasio jumlah tim pengajar dengan mahasiswa harus seimbang. Tujuannya agar proses pembelajaran lebih efektif sehingga Poltekes Kemenkes Makassar mampu melahirkan tenaga kesehatan yang unggul,”tukasnya.

Sementara Fatmawati Suaib, M. Kes, Urusan Bagian Kemahasiswaan Poltekes Makassar mengatakan, selain itu Poltekes Kemenkes Makassar menyiapkan beasiswa bagi mahasiswa yang berlatarbelakang ekonomi tidak mendukung tetapi secara akademik mereka mampu.

“Untuk tahun ini Poltekes Kemenkes Makassar menyiapkan kuota siswa yang kurang mampu sebanyak 25 orang melalui jalur penelusuran minat dan prestasi (PMDP),” tutupnya. (mg05/mah)

Click to comment
To Top