Gadaikan BPKB Demi Masuk Sekolah – UPEKS
MAKASSAR CITY

Gadaikan BPKB Demi Masuk Sekolah

Kasus Pungli SMA 1 Makassar

MAKASSAR,UPEKS.co.id — Masuk Sekolah Menengah Atas (SMA) seharusnya gratis sesuai program pemerintah. Namun kenyataannya tidak seperti itu. Demi masuk sekolah, barang berharga pun rela digadaikan.

Seperti yang terjadi di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Makassar. Orang tua yang hendak mendaftarkan anaknya di sekolah unggulan tersebut, harus menggadaikan Buku Kepemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB) mobil miliknya.

Hal itu terbongkar, setelah salah satu orang tua siswa menceritakan peristiwa yang dialaminya kepada Ketua Lembaga Forum Orang tua Makassar, Herman Hafid Nassa.

“Saya pernah diceritakan salah satu orang tua siswa. Katanya dia menggadaikan BPKB mobilnya untuk masuk anaknya sekolah di SMAN 1 Makassar,” ucap Herman Hafid saat ditemui di Kejari Makassar usia dimintai keterangannya selaku saksi pelapor.

Herman menceritakan, orang tua yang menggadaikan bukti kepemilikan kendaraannya itu, siswa pendaftar jalur offline atau lewat jendela. Padahal kata Herman, tidak dibenarkan calon siswa membayar untuk masuk sekolah. Itu sudah jelas pungli.

“Kami inginkan orang tua yang merasa korban pungli agar memberikan keterangan sebenarnya. Jangan ada yang dilindungi. Karena, kalau bohong bisa saja saksi jadi tersangka,” jelasnya.

Lebih jauh Herman menuturkan, terkait pemeriksaannya di Kejari Makassar, dirinya diperiksa sebagai saksi pelapor. Dia mengaku dimintai keterangannya terkait dugaan pungutan liar (Pungli) yang dilaporkan di Kejari.

“Tadi (kemarin red), saya sudah dimintai keterangan seputar dugaan pungli di SMAN 1 Makassar. Saya mamastikan, apa yang saya laporkan itu benar adanya,” tutur Herman, Senin (20/3/17).

Sementara itu, Kasi Intel Kejari Makassar, Alham membenarkan atas pemeriksaan Herman Hafid.

Menurut Alham, pemeriksaan terhadap Herman untuk kepentingan penyelidikan.

“Herman diperiksa sebagai saksi pelapor, juga diperiksa sebagai saksi. Pemeriksaan yang bersangkutan terkait dugaan pungli di SMAN 1 Makassar,” ucapnya. (jay/ris)

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!