2017, Makan-Minum Pemkot Rp24,2 Miliar – Upeks.co.id
SMART CITY

2017, Makan-Minum Pemkot Rp24,2 Miliar

MAKASSAR,UPEKS.co.id — Belanja makan dan minum (Mamin) Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar terbilang besar tahun 2017. Alokasinya mencapai Rp24,2 miliar yang melekat di Bagian Umum Pemkot Makassar.

Anggaran ini dikucurkan secara terbagi-bagi. Belanjanya terdiri dari 11 paket pengadaan. Anggarannya berdasarkan kegiatan dan program Bagian Umum.

Program penyediaan mamin tersebut untuk kegiatan yang meliputi mamin harian pegawai, rapat, tamu, petugas rumah jabatan walikota dan kegiatan-kegiatan Pemkot Makassar.

Belanja mamin ini juga masuk dalam Rencana Umum Pengadaan (RUP) 2017 yang ada di Bagian Layanan Pengadaan Barang/Jasa (BLPBJ) Pemkot Makassar.

Kabag Umum Pemkot Makassar, Juliani Jafar yang dikonfirmasi membenarkan anggaran mamin tersebut. “Iya, yang ada di Bagian Pengadaan itu begitu jumlahnya,” kata Juliani, Senin (20/3/2017).

Menurutnya, belanja mamin sebagian besar melalui tender umum. Tender umum dilakukan pada belanja di atas Rp200 juta. Pelaksanaan tender tergantung panitia lelang BLPBJ Pemkot Makassar.

Sementara belanja di bawah Rp200 juta bersifat sesuai pesanan. Pesanan tergantung dari tamu dan administrasinya dilakukan setiap hari.

Namun, pembayaran mamin belum dilakukan sejak Januari hingga saat ini. Proses pembayaran masih dalam perampungan administrasi.

Juliani pun belum mengetahui detail biaya mamin pada tiga bulan atau awal tahun 2017.

“Selama 3 bulan belum, masih dalam proses administrasi, jadi belum ada pembayaran,” kata Juliani.

Sekadar diketahui, alokasi anggaran mamin juga meningkat signifikan dibanding tahun lalu. APBD pokok 2016, anggaran mamin hanya Rp9,7 miliar. (rul/ris)

Click to comment
To Top