AKSI KORPORASI

PT Pos Makassar Agendakan Bazar UMKM

Untuk Menggenjot E-Commerce

MAKASSAR, UPEKS.co.id — PT Pos Makassar sadar bahwa sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) telah banyak mendorong pertumbuhan perekonomian Indonesia. UMKM berkontribusi menyerap angkatan kerja, mengurangi pengangguran, mendorong produktivitas masyarakat, serta meningkatkan Produk Domestik Bruto (PBD) dan diharapkan juga untuk dapat membantu penambahan devisa daerah/negara.

Kepala Kantor PT Pos Makassar, Prokalamasiany Whidiatrie Gustiara, menekankan, perkembangan teknologi digital dan e-commerce saat ini merupakan peluang bagi UMKM untuk tumbuh dan berkembang. Namun sayang, banyak UMKM yang belum memanfaatkan potensi pasar e-commerce karena keterbatasan teknologi dan finansial.

Dalam upaya mewujudkan UMKM berbasis e-commerce, PT Pos Makassar yang disupport oleh Bank BRI dan Nurbaya Initiative (Tecnologi Facilitator) akan mengagendakan suatu Bazar UMKM dengan maksud memfasilitasi pelaku UMKM untuk dapat ‘di-online-kan’. Proklamasiany mengemukakan bahwa rencananya kegiatan tersebut dilaksanakan pada 31 Maret-2 April 2017, yang nantinya akan bertepatan dengan Hari Belanja Nusantara.

“Pos Makassar akan menggelar kegiatan ini secara serentak dengan 30 kantor Pos lainnya se Nasional,” ujar Proklamasiany kepada Upeks, Senin (20/3/17).

Proklamasiany menambahkan, mekanisme kegiatan ke depan, para pelaku UMKM hanya daftar satu kali saja, mereka langsung otomatis memiliki toko online sendiri tanpa harus membuat sendiri.

Karena nanti Pos Makassar lewat Nurbaya Initiative yang akan membuatkan toko online mereka masing-masing. Toko online mereka pun nantinya akan langsung muncul secara otomatis di blanja.com, bukalapak, tokopedia, elevenia, dan ebay. “Sementara pengiriman barangnya lewat Pos, bisa sebagai agenpos dengan potongan harga 20% dan pickup gratis atau kirim langsung ke loket-loket kantor Pos tanpa potongan harga,” ujarnya.

Proklamasiany menjelaskan, program ini sebetulnya senada dengan keinginan Walikota Makassar untuk menjadikan Makassar sebagai smart city. Maka dia berharap sangat dibutuhkan peran serta Pemkot Makassar untuk memfasilitasi lokasi tempat diadakannya bazar UMKM nanti. (mg3/suk)

Most Popular

To Top