Pangdam: Bukan Penggusuran Tapi Penertiban – Upeks.co.id
HUKUM

Pangdam: Bukan Penggusuran Tapi Penertiban

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Gejolak warga Bara-barayya dengan pihak Kodam VII Wirabuana terkai rencana penggusuran warga setempat, kini belum menemukan titik terang.

Namun pihak Kodam mengaku tidak akan melakukan penggusuran melainkan penertiban.

Pandam VII/Wirabuana, Mayjen TNI Agus Surya Bakti setelah melakukan pertemuan dengan Komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) akhirnya angkat bicara.

Mayjen TNI Agus mengatakan, pihaknya sama sekali tidak melakukan penggusuran, melainkan hanya penertiban rumah warga Bara-baraya, dengan maksud untuk mengembalikan tanah ke ahli waris yang memang memiliki hak atas lahan tersebut.

Dengan begitu, Agus memastikan jajaran Kodam VII /Wirabuana akan tetap melakukan penertiban dikawasan Barabaraya. “Kita tetap akan melakukannya, karena itu kewajiban Kodam untuk mengembalikan dalam keadaan kosong seperti dulu, ” kata Agus, Selasa (21/3/17).

Namun hingga kini,  Agus belum mengetahui secara pasti kapan dilakukan penertiban. Akan tetapi saat ini proses penerbitan sedang dibahas dan dipersiapkan oleh tim yang sudah dibentuk Kodam VII/ Wirabuana.

Dengan demikian, Agus berharap warga Bara-baraya bisa menahan diri dan tidak terprovokasi dengan pihak-pihak tertentu yang ingin melawan hukum.

“Masyarakat jangan mudah terprovokasi oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. TNI melakukan penertiban sudah sesuai hukum dan prosedur, ” ucapnya.

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM),  Hafidz Abbas sebelumnya meminta Kodam VII Wirabuana untuk tidak melakukan eksekusi 28 rumah milik warga Bara-baraya, yang diisi 67 kepala keluarga.(Jay)

Click to comment
To Top