EDUKASI BUDAYA

Dua Kampus Dilarang Rekrut Maba

Kopertis Sebut Berstatus Pembinaan

MAKASSAR, UPEKS.co.id  — Kopertis Wilayah IX Sulawesi melarang dua kampus di Sulsel membuka penerimaan mahasiswa baru (Maba). Tidak hanya itu, kampus tersebut juga tidak diperbolehkan menggelar wisuda.

Koordinator Kopertis Wilayah IX Sulawesi, Prof.Dr.Ir Andi Niartiningsih MP, mengatakan selain tujuh kampus yang beroperasi tanpa izin, juga masih ada dua kampus dalam status pembinaan. Kedua kampus tersebut, yakni Universitas Satria Makassar dan Universitas Karya Dharma Makassar.

Andi Niartiningsih menegaskan, Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang berstatus pembinaan tersebut tidak diperbolehkan menerima dan mengeluarkan mahasiswa.

Dia menambahkan larangan tersebut berlaku hingga segala bentuk pelanggaran diperbaiki atau dipenuhi oleh PTS bersangkutan. Kemudian akan ditinjau kembali oleh Kopertis Wilayah IX Sulawesi.

“Untuk melihat daftar PTS dan statusnya bisa mengunjungi website http://forlap.dikti.go.id, masyarakat bisa mengetahui secara langsung status kampus tersebut, sehingga ketika ada keluarganya yang ingin mendaftar bisa mengunjungi website resmi yang telah dirilis,” pungkasnya.

Andi Niartiningsih, pun mengimbau kepada masyarakat agar jeli dalam memilih perguruan tinggi untuk putra-putrinya sebelum melanjutkan pendidikan. Pasalnya, kata dia, kampus yang tak memiliki izin operasi, ijazah yang dikeluarkan tidak bisa digunakan untuk instansi pemerintah maupun swasta.

“Ini yang kami imbau kepada masyarakat. Karena ketika mereka selesai dari perguruan tinggi yang masih proses pembinaan, ijazahnya tentu tidak akan bisa dimanfaatkan,” tegasnya. (mah)

To Top