Siap jadi Ibukota Negara – Upeks.co.id
IMG-20170130-WA0037
UTAMA

Siap jadi Ibukota Negara

MAKASSAR,UPEKS.co.id — Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo menilai rencana pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke luar Jawa yang saat ini sedang dikaji Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) merupakan hal yang wajar.

Bahkan, Gubernur mengaku siap jika Bappenas melakukan supervisi terhadap empat kabupaten/kota di Sulsel sebagai lokasi ibu kota negara. Empat kabupaten/kota tersebut, yakni Kota Makassar dan Parepare, Kabupaten Bantaeng dan Sidrap.

“Kalau disupervisi itu sangat wajar, karena banyak negara yang juga melakukan pemindahan ibu kota. Sulsel ini sangat strategis tempatnya dan selalu siap jadi pilar negara. Tapi saya takut, ini hanya sekadar wacana,” akunya.

Sekadar diketahui, selain Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Bappenas juga melakukan pengkajian terhadap sejumlah daerah yang dapat dijadikan lokasi ibu kota negara baru. Khusus Provinsi Sulsel, ada beberapa daerah yang diusulkan sebagai lokasi ibu kota negara.

Pasalnya, Sulsel sebagai Hub yang menghubungkan provinsi di Indonesia bagian barat dengan timur. Apalagi, Provinsi Sulsel memiliki jaringan bandara dan pelabuhan yang memadai. Dan jaringan kereta api Trans Sulawesi yang sementara dikerjakan.(eky/rif)

Click to comment
To Top