PERBANKAN FINANCE

BNI-BPJS TK Beri Kemudahan KPR

Bagi Peserta JHT

MAKASSAR, UPEKS.co.id — PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk dan BPJS Ketenagakerjaan bekerjasama memberikan kemudahan peserta program Jaminan Hari Tua (JHT) memiliki rumah. Skemanya, peserta JHT dengan masa kepesertaan 10 tahun bisa mengambil 30% dari total saldo JHT untuk dijadikan Down Payment (DP) Kepemilikan rumah di bank plat merah tersebut.

VP Consumer Banking BNI Wilayah Makassar, Hadi Santoso, mengatakan, kerjasama ini menghadirkan fasilitas kredit rumah yang lebih mudah kepada peserta JHT BPJS Ketenagakerjaan. Skema yang ditawarkan sangat membantu keinginan peserta memiliki rumah, tanpa harus menunggu masa kerja selesai.

“Dulu JHT hanya bisa diambil saat berhenti kerja. Sekarang pemerintah lewat BPJS TK memberikan relaksasi untuk memudahkan peserta beli rumah. Karena memang untuk beli rumah wajib uang muka dan siapkan DP itu susah. Relaksasi ini sangat membantu di tengah lesunya sektor properti saat ini,” kata Hadi, saat jumpa pers di Mama Cafe Makassar, Senin (17/4/17).

Hadi menjelaskan, saldo yang dicairkan tersebut hanya boleh digunakan untuk DP rumah saja. Selain itu, saldo tersebut juga bisa digunakan untuk melakukan take over kredit rumah dari bank lain termasuk untuk membayar biaya angsuran bulanan.

“Misalnya nih, ada peserta yang sedang kredit rumah di bank lain dan tertarik dengan program ini itu bisa kami layani juga take overnya. Rumah yang dibiayai boleh apa saja, rumah susun, rumah tapak dan lainnya. Selanjutnya, bunga kredit rumahnya itu mengikuti bunga program yang berjalan,” jelas Hadi.

Di tempat yang sama, Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Sulawesi Maluku, Umardin Lubis, menuturkan, program ini merupakan kelanjutan dari kerjasama di tingkat pusat dan telah diatur sebelumnya dalam peraturan pemerintah PP No 46/ 2015 dan UU No 40/2004. Hanya saja, sebab mekanisme dan systemnya sehingga baru terealisasi April 2017 ini.

Menurut Umardin, potensi fasilitas ini dimanfaatkan oleh peserta sangat besar. Dari 200.000 peserta di wilayah Sulsel, sekitar 60% diantaranya tercatat sudah masuk kategori masa aktif 10 tahun.

“Angka tersebut akan terus berkembang. Kalau nominal pencairannya itu bergantung saldo peserta. Sekarang saldonya bisa cek lewat ATM atau langsung di handpone lewat aplikasi BPJS TK mobile di play store,” bebernya.

Jika kepesertaan tercatat masih di bawah 10 tahun pihaknya juga memberikan fasilitas pinjaman uang muka perumahan, KPR, renovasi rumah dan pembiayaan konstruksi yang bisa diakses ke empat bank plat merah yang telah dikerjasamakan. Sepanjang tahun ini, untuk mengcover keseluruhan program KPR tersebut secara nasional dialokasikan sebesar Rp5 triliun.

“Khusus 30% saldo JHT untuk uang muka itu hanya bisa diakses ke BNI. Jika peserta minat, silahkan langsung ke sana. Nanti BNI secara system akan memprosesnya. Yang terpenting catatannya, pesertanya aktif atau tidak. Harapannya semoga peserta yang belum punya rumah bisa manfaatkan saldonya. Tapi, ini hanya berlaku untuk rumah pertama ya,” pungkasnya. (hry/suk)

Most Popular

To Top