4.455 CJH Sulsel Sudah Lunasi BPIH – Upeks.co.id
IMG-20170130-WA0037
ANEKA

4.455 CJH Sulsel Sudah Lunasi BPIH

Makassar,Upeks.co.id — Proses pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) musim Haji tahun 1438 H/2017 M tengah berlangsung. Hingga hari kedelapan pembukaan masa pelunasan tahap pertama, Selasa (18/4/2017), sudah dari 7.296 kuota Sulsel, sebanyak 61,06 % atau 4.455 Calon Jamaah Haji (CJH) yang sudah melakukan pelunasan.

Kanwil Kemenag Sulsel melalui Bidang dan Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah H. Kaswad Sartono berharap kepada calon jamaah haji yang berhak melunasi dan yang masuk kuota cadangan segera melakukan pembayaran sesuai jadwal yang ditetapkan. Pelunasan tahap pertama diperuntukkan bagi calon jamaah haji lunas tunda tahun lalu, dan yang telah memiliki nomor porsi dan masuk dalam alokasi kuota tahun 1438 H/2017 M serta jamaah haji cadangan sebanyak 5 persen.

“Pelunasan tahap kedua diperuntukkan bagi calon jamaah haji yang mengalami kegagalan system pada pelunasan tahap pertama yaitu mereka yang sudah berstatus haji, atau calon jamaah haji sebagai pendamping/penggabungan Mahram serta yang calon jamaah haji yang lanjut usia,” ungkap Kaswad.

Terpisah Kasi Pendaftaran dan Dokumen Haji Kanwil Kanwil H. Solihin, menyebutkan, masa Pelunasan BPIH tahap pertama berlangsung mulai 10 April sampai 5 Mei 2017, sedangkan untuk tahap Kedua akan dibuka mulai 22 Mei sampai 2 Juni 2017.

Sesuai yang ditetapkan pemerintah, BPIH Embarkasi Makassar meliputi Sulsel, Sulbar, Sultra, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat sebesar Rp38,9 juta. Untuk mendapatkan porsi haji jamaah telah menyetor Rp25 juta. “Jamaah tidak perlu lagi menunda pelunasan seperti tahun sebelumnya, sebab saat ini Indonesia sudah menggunakan kurs rupiah (IDR), tidak tergantung lagi pada nilai tukar dollar yang kadang fluktuatif,” tambah Solihin.

Sementara Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah H. Muhammad Ihwan, S.Ag, M.Si, mengatakan, proses pelunasan BPIH di Pinrang mengalami kendala khususnya terkait dengan jaringan Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) yang tersambung dengan Bank Penerima Setoran (BPS).” Jaringan siskohat di BPS kadang mengalami hambatan, sehingga hasil terakhir, Kabupaten Pinrang belum mencapai 50 %, dari kuota 360 Jamaah Calon Haji (JCH) yang akan berangkat, atau baru 159 orang yang lunas terhitung pada tanggal 10 april 2017 sampai hari ini (kemarin),” ungkapnya.

Selain kendala teknis tersebut, kendala lain yang dihadapi dalam proses pelunasan BPIH belum adanya Bank Muamalat di Kabupaten Pinrang, sehingga bagi JCH yang ingin melakukan pelunasan harus melakukan di Kota Parepare sebagai Bank Muamalat yang terdekat dari Kabupaten Pinrang.

Berdasar laporan yang dirilis Kemenag Sulsel, per 18 April, kabupaten volume terbesar dalam pelunasan BPIH adalah kabupaten Bantaeng 96,76% atau sisa enam orang yang belum melunasi dari 185 kuota. Saat ini yang telah melunasi 179 orang. Selanjutnya, Kabupaten Soppeng 95,22% atau 239 jamaah dari 251 kuota. Ketiga ditempati Kabupaten Sidrap 86,61% atau 220 orang sudah melunasi dari 254 jatah haji.

Click to comment
To Top