Jelang Ramadhan, Disperindag Tetapkan Harga Sembako – Upeks.co.id
PERBANKAN FINANCE

Jelang Ramadhan, Disperindag Tetapkan Harga Sembako

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Menjelang Ramadhan, Dinas Perdagangan dan Perindustrian berupaya untuk menstabilitaskan harga dari para kartel-kartel maupun retail yang diduga mempermainkan harga.

Hal itu diungkapkan oleh Kadis Perindag Sulsel, Hadi Basalamah, saat ditemui di Four Point by Sheraton Hotel, Senin (17/4/17).

Menurutnya, akan fokus terhadap ketiga komoditas tersebut. Ketiganya yakni gula pasir, minyak goreng, dan daging sapi beku telah ditetapkan harganya.

“Kan kami sudah menetapkan harganya, seperti gula pasir Rp12,500, minyak goreng Rp11, 000, dan daging sapi beku Rp 80,000. Ketiganya sudah ditetapkan oleh Menteri perdagangan dan menteri pertanian serta didampingi oleh KPPU,” kata Hadi.

Dia menyebutkan, ada dua langka tuk dilakukan pengedaran stabilisasi harga dan pemantauan terhadap ketuga komoditas itu.

“Pertama, kami melakukan langkah terkait pengamanan stok dan deteksi stok seluruh komoditas diatas pemakaian 3 bulan lebih. Harga relatif sangat stabil,” jelasnya.

Oleh karena itu, kata Hadi dalam waktu dekat ini, pihaknya melakukan pertemuan dengan bupati, retailer dan distributor yang lain.

“Nanti pertemuan ini rutin dilakukan, antisipasi kita lakukan juga. Dan ini menjadi agenda permanen dari kita,” tegasnya.

Selain itu juga, pihaknya telah membentuk tim pemantauan penetapan tiga komoditas tersebut.

“Pantauan ini sesuai harga yang ditentukan yang ada di pasar tradisional dan retail. Apabila ditemukan mensuplay harga tersebut, akan dilakukan pemanggilan dan melakukan review kembali untuk penetapan harganya, dan akan dilakukan pencabutan izin berdagang,” tandasnya.

Pihaknya telah melakukan pemantauan terhadap retail atau outlet pasar modern.”Kan ini pasar modern sebagai penyeimbang saja, karena di tempat tersebut diciptakan untuk kalangan atas. Tetapi kami pasti melakukan pengamanan harga juga,” tutupnya. (edo/suk)

Click to comment
To Top