KPU Lutra Angket Pemilih Pemula – UPEKS
PILKADA

KPU Lutra Angket Pemilih Pemula

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Luwu Utara (Lutra) melakukan penyebaran angket pengisian quisioner pemilih pemula tingkat Siswa SMAN/SMKN/MAN. Kegiatan ini dilakukan di 10 sekolah di Kabupaten Lutra.

Di sela-sela kegiatan itu diisi dengan menginformasikan dan menyosialisasikan kegiatan lomba cerdas-cermat, yang akan digelar Rabu, (26/04) di Warkop Daeng (Dg) Aziz Kappuna Masamba, sebagai tindak lanjut hasil angket ini.

Komisioner KPU Lutra, Devisi SDM dan Peningkatan Partisipasi Pemilih Syamsu Rijal, mengatakan bahwa angket ini adalah kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka upaya peningkatan partisipasi pemilih khususnya pelajar sebagai pemilih pemula menjelang tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan tahun 2018.

Syamsu Rijal mengurai bahwa pengisian angket quisioner tersebut terbagi empat jenis pertanyaan yakni: syarat pemilih pemula, bentuk-bentuk partisipasi pemilih pemula, karakter partisipasi politik pemilih pemula, dan faktor-faktor partisipasi politik pemilih pemula. Jumlah soal dalam angket sebanyak 20 soal.

Dikatakan Syamsu bahwa demokrasi yang sehat dan berkualitas, serta peningkatan partisipasi pemilih yang tinggi merupakan hal yang menjadi perhatian khusus dalam pemilu. Karena sebagai tolak ukur kesuksesan dalam demokrasi.

Ia juga mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan untuk menyebarluaskan informasi tentang pemilu dan memberikan pemahaman serta kesadaran dan pendidikan pemilih kepada pemilih pemula dalam meningkatkan partisipasi pemilih pada Pilkada 2018 mendatang.

“Jadi pemilih pemula ini adalah pemilih yang masih alami, yang perlu kita jaga kelestariannya agar tetap menjadi pemilih yang cerdas dalam memberikan hak pilihnya,” ujar Syamsu Rijal.

Terpisah, Komisioner KPU Lutra Devisi Perencanaan dan Data H. Syamsul Bachri mengatakan bahwa angket ini adalah bentuk pendidikan yang kita lakukan bagi pemilih pemula agar mereka dapat lebih cermat dalam menggunakan hak pilihnya. Syamsul Bachri juga mengatakan bahwa pemilih pemula adalah aset demokrasi. “Kami berharap dengan adanya angket ini dapat menambah wawasan ade-ade siswa sebagai pemilih pemula,” tuturnya. (mah)

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!