Ratusan Sopir Grab Ancam Berhenti Operasi – Upeks.co.id
UTAMA

Ratusan Sopir Grab Ancam Berhenti Operasi

MAKASSAR,UPEKS.co.id — Ratusan sopir taksi online Grab Car mendatangi kantor perwakilan perusahaan Grab Car di Jalan AP Pettarani Makassar, Rabu (19/4/17). Kedatangan para sopir tersebut untuk memprotes kebijakan insentif atau bonus dari perusahaan yang dinilai merugikan pendapatan mereka.

Dimana, pada awal beroperasinya Grab Car di Makassar, insentif yang dijanjikan perusahaan sebesar Rp350 ribu untuk 15 perjalanan mengantar pelanggan. Namun kini, insentif tersebut hanya Rp250 ribu untuk 14 kali perjalanan. Tak hanya itu, insentif itu juga beberapa kali berubah dari pihak perusahaan tanpa alasan yang jelas.

Perwakilan sopir Grab Car, Abdul Hakim menegaskan, rekan-rekannya sepakat menyampaikan nota keberatan atas kebijakan perusahaan. Karena dengan beban kerja yang sama, para sopir kini harus mendapatkan insentif yang lebih rendah dari biasanya.

“Insentif turunnya jauh sekali, ini sangat memberatkan. Bonus itu kami gunakan sebagai biaya operasional dan merawat kendaraan. Kebijakan insentif ini diterapkan sepihak oleh perusahaan, kami (sopir) tidak diberitahu alasan penurunannya. Penerapannya juga sangat mendadak, tidak ada sosialisasi,” tegasnya.

Hakim bersama ratusan sopir Grab Car mengancam bakal berhenti beroperasi, jika manajemen perusahaan tidak mendengarkan aspirasi para sopir.

Sebelumnya, Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo mengaku, belum menerbitkan Peraturan Gubernur (Pergub) terkait pengoperasian taksi online. Sebab, penyusunan Pergub tersebut perlu melakukan kajian dan mendengarkan dua pihak yang terkait. Sehingga harus ada kesepakatan sebelum masuk ke agenda permanen untuk penetapan.

“Ini agar mereka bisa sama-sama hidup berdampingan dengan baik. Agar tidak ada lagi insiden di lapangan antara konvensional dan online,” akunya.(eky/rif)

Click to comment
To Top