EDUKASI BUDAYA

2017, Perpustakaan Polinas LP3I Target 400 Judul Buku

LAYANI PEMBACA. Pustakawan Polinas LP3I Alauddin, Nirfarid Muchtar (berdiri) melayani pengunjung perpustakaan, baru-baru ini. (Foto: IST)

MAKASSAR,UPEKS-–Menyikapi tingginya minat baca mahasiswa, staf,dosen dan masyarakat umum yang ditandai meningkatnya grafik kunjungan harian, maka tahun 2017, perguruan Politeknik dan Informatika Nasional (Polinas) LP3I kampus Alauddin, tahun 2017 targert miliki koleksi 400 judul buku.

Demikian Pustakawan Polinas Alauddin, Nirfarid Muchtar kepada Upeks, di Perpustakaan Polinas, baru-baru ini.

Dikatakannya, untuk mewujudkan target itu, baru-baru ini, pihaknya mengajukan permohonan proposal bantuan buku melalui Perpustakaan RI di Jakarta. Permohonan serupa juga akan diajukan ke beberapa lembaga lainnya, termasuk ke Pengurus Ikatan Penerbit Buku Indonesia (IKAPI) Sulsel.

Selama ini, buku-buku yang menghiasi perpusatkaan Yayasan Polinas LP3I, bersumber dari dosen, sumbangan mahasiswa yang menyelesaikan studi.

Hal yang menggembirakan, karena tiap hari pengunjung terkadang mencapai 50 orang. Kini tengah terfikirkan, upaya pengembangan perpustakaan, apalagi mendapat support tinggi dari Direktur Polinas LP3I, M Abduh Idris, S.Ikom,MM, kata Nirfarid.

Menyinggung pola pengelolaan perpustakaan, Nirfarid yang juga alumni Ilmu Perpustakaan Fisipol Unhas itu menjelaskan, selama ini pihaknya kombinasikan pola exel, aplikasi konvesional/manualisasi dan pola slims (digitalisasi). Kedua sistem itu sangat efektif, terutama dalam pencarian data sebuah buku.

”Prinsipnya, sebagai pustakawan, kami fokus menumbuhkan minat baca civitas academika, khususnya mahasiswa Polinas. Kami berobsesi jadikan perpustakaan unggul dalam menyediakan informasi sebagai pusat pengetahuan dalam mendukung penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi,” tandas Nirfarid bernada optimis. (arf/ris)

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!