Deposito Terdakwa Korupsi Bandara Rp1,7 Miliar Disita – Upeks.co.id
MAKASSAR CITY

Deposito Terdakwa Korupsi Bandara Rp1,7 Miliar Disita

MAKASSAR,UPEKS.co.id — Penyidik Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulsel, berhasil menyita deposito sebesar Rp1,7 miliar milik Siti Rabiah, terdakwa kasus dugaan korupsi pembebasan lahan Bandara Sultan Hasanuddin.

Penyitaan deposito senilai miliaran rupiah itu, dipimpin langsung oleh Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sulsel, Jan S Maringka di Bank Sulsel cabang Kabupaten Maros, Kamis (20/4/17) kemarin.

“Penyitaan deposito atas nama Siti Rabiah, terdakwa dalam perkara pengadaan lahan Bandara Internasional Sultan Hasanudin, dipimpin langsung Kajati Sulsel,” kata Kasipenkum Kejati Sulsel, Salahuddin.
Salahuddin menyebutkan, kasus pembebasan lahan bandara itu merugikan negara sebesar Rp317 miliar. Sedang deposito milik terdakwa senilai Rp1,7 miliar dan bunga sebesar Rp210 juta, telah dilakukan penyitaan.

“Dana itu dilaporkan oleh bank Sulsel Cabang Maros saat akan dicairkan oleh pihak keluarga terdakwa. Hingga saat ini jumlah tersangka sudah sembilan orang,” sebutnya.
Saat ini jelas Salahuddin, upaya penyidik Kejati Sulsel dalam pemulihan asset atas kasus tersebut, telah mencapai Rp27 miliar. Terdiri dari uang tunai Rp11 miliar dan aset tanah serta bangunan serta kendaraan senilai Rp16 miliar.

Sebelumnya, pemblokiran rekening deposito dilakukan berdasarkan hasil temuan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), melalui rekening Bank Sulsel milik terdakwa St Rabiah.
“Informasinya baru kita terima dari PPATK pada Selasa pekan lalu. Setelah itu langsung kita menindak lanjuti dan hari ini (kemarin red), telah dilakukan penyitaan,” jelasnya.

Setelah menerima informasi tentang adanya deposito milik terdakwa dalam kasus tersebut, Salahuddin mengaku, penyidik langsung melakukan upaya penggagalan transaksi deposito tersebut di Bank Sulsel. (jay/ris)

BERITA POPULER

To Top