PD Terminal Siapkan Bus Cadangan – Upeks.co.id
IMG-20170130-WA0037
SMART CITY

PD Terminal Siapkan Bus Cadangan

MAKASSAR,UPEKS.co.id — PD Terminal Makassar Metro (TMM) menginstruksikan Pengusaha Otobus (PO) untuk menyiapkan armada cadangan. Bus cadangan ini untuk mengantisipasi mudik lebaran tahun ini.

“Kita mulai berkunjung ke PO, tadi (kemarin, red) kita ke PO Litha,” kata Hakim Syahrani, Dirut PD TMM, Kamis (20/4/2017).

Hakim menuturkan, setiap PO diinstruksikan untuk menyiapkan 10 unit armada cadangan. Sebab, PD TMM tidak menginginkan terjadinya penelantaran penumpang pada mudik lebaran nanti.

Penumpang lebih memiliki menggunakan bus pada mudik. Karena itu, penumpang PO memang kerap membludak sepekan menjelang lebaran. Bahkan, ada yang batal lebaran di kampung halamannya karena kehabisan tiket bus.

Lanjutnya, angkutan yang beroperasi mampu menyiapkan 22 ribu seat sejauh ini. Kuota seat ini angkutan jenis Panther memang lebih banyak. Kendati demikian, jumlah seat dan penumpang juga tidak sebanding lagi.

Di Makassar hanya ada 48 PO dengan jumlah 817 armada. Sementara jumlah pemudik per hari hanya berkisar 5 ribuan orang saja.

Selain antisipasi armada, PD TMM juga bakal menggelar uji kelaikan angkutan seperti biasa. PD TMM berencana melaksanakan uji kelaikan pada H-7 hingga H-2 lebaran.

“Uji kelaikan ini tentunya akan melibatkan semua stakeholder terkait seperti dari pihak Kementerian hingga dinas terkait, kita hanya membantu,” katanya.

Zero accident, kata Hakim, tetap tetap menjadi prioritas. Tahun lalu, mudik lebaran tanpa kecelakaan. Kecelakaan justru terjadi di luar ramadan.

Pihak perwakilan PO Litha, Heri mengaku, instruksi PD TMM akan menjadi perhatian. Hal itu untuk memberikan pelayanan prima kepada penumpang.

Sekadar diketahui, jumlah pemudik lebaran tahun 2016 mencapai 36 ribu orang. Sedangkan arus balik sebesar 29 ribu orang yang melalui Terminal Daya dan Malengkeri. (rul/ris)

Click to comment
To Top