Perbesar Kepesertaan, BPJS TK Incar Pekerja Non ASN – Upeks.co.id
PERBANKAN FINANCE

Perbesar Kepesertaan, BPJS TK Incar Pekerja Non ASN

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Selain konsentrasi memperbaiki pelayanan, Badan Penyelenggara Jaminan Kesejahteraan (BPJS) Ketenagakerjaan di wilayah timur Indonesia kini gencar melakukan koordinasi dan sosialisasi untuk merangkul kepesertaan dari segmen pekerja Non Aparatur Negeri Sipil (ASN).

Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan wilayah Sulawesi Maluku, Umardin Lubis mengatakan, potensi kepesertaan dari pekerjan non ASN sangat besar mencapai 50.000 di wilayah cakupan. Sebanyak 30.000 dari potensi itu ada di Sulawesi selatan.

“Makanya potensi ini yang akan kami optimalkan tahun ini,” kata Umardin, pekan lalu.

Umardin, mengatakan, hingga saat ini pihaknya mencatat total kepesertaan dari penerima upah di Sulsel mencapai 240.000 peserta dan bukan penerima dari sektor informal sebanyak 50.000 peserta. Dengan menggarap non ASN diharapkam bisa mendongrak kepesertaan tahun ini.

“Khusus di Kota Makassar saja, sekarang sudah ada sekitar 10.000 pekerja non ASN yang sudah jadi peserta. Harapannya semua akan mengikuti langkah dari Pemkot Makassar,” harapnya.

Di luar itu, pihaknya terus meningkatkan layanan kepada peserta melalui layanan Service Point Office (SPO) lewat kerjasama dengan bank plat merah dan pemerintah daerah.

“Keseluruhan perusahaan kan wajib kerjasama termasuk pemerintah karena ini program pemerintah. Non ASN ini butuh perlindungan. Itu yang kita minta,” pintanya.

Sejauh ini, tambahnya, ada empat bank pemerintah yang sudah menerapkan SPO BPJS TK sehingga pendaftaran bisa di bank tersebut, ambil Jaminan Hari Tua (JHT) juga bisa terlayani.

“Ke depan, kami akan perbesar kemitraan dengan Bank lagi. Minimal kalau mau akses kredit dan lainnya syaratnya wajib jadi peserta BPJS TK,” pungkasnya. (hry/suk)

Click to comment
To Top