TAMU EKSPRES

Utamakan Sabar dan Kerja Keras

 

Gunawan M S.Pd, Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Majene

Kesabaran dan ketabahan dalam menjalani kehidupan merupakan kunci kesuksesan Gunawan M, S.Pd dalam berkarier. Pria kelahiran Majene, 24 November 1964 ini, berusaha selalu sabar dan bekerja keras dalam kesehariannya, baik dalam tatanan sosial kemasyarakatan, maupun profesi dalam lingkungan pekerjaan.

“Yang terpenting adalah kita mau bersabar dan tetap berusaha bekerja penuh dengan tanggung jawab, pekerjaan apapun dapat kita lalui dengan baik,” ujar Gunawan, saat ditemui Upeks di ruang kerjanya, baru -baru ini.

Gunawan mengawali karier sebagai tenaga pendidik bidang olahraga pada Sekolah Dasar (SD) tahun 1984. Selama 23 tahun mengabdi sebagi guru olahraga, ia diangkat sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) tahun 1986 setelah lulus tes CPNS tahun 1984.

Perjalan karier Gunawan dimulai Tahun 2007 sejak ia diangkat sebagai Kepala Seksi sampai tahun 2010. Setelah tiga tahun bergelut di dua instansi sebagai Kepala Seksi (Kasie) yaitu pada Dinas Pendidikan Majene dan Dinas Pemuda dan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Majene.

Gunawan berusaha loyalitas dalam bekerja, sehinga tahun 2010 Gunawan mendapat amanah dan dimutasi sebagai Kepala Bidang (Kabid)Kedaruratan dan Logistik pada instansi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) hingga sekarang. Gunawan juga aktif dalam kegiatan Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Majene.

Menurut Gunawan, tugas pokok yang diembannya sebagai Kabid Kedaruratan dan Logistik merupakan tanggungjawab yang berat.

Pasalnya, pada instansi BPBD ini butuh kerja keras dan keseriusan dalam menghadapi setiap ada bencana.

”Jadi setiap terjadi bencana, saya selaku Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik setiap saat selalu berada di lokasi, tidak mengenal waktu,baik pada waktu siang ataupun pada malam hari, bahkan saya bersama rekan-rekan terkadang tidak pulang ke rumah selama tiga hari,” terangnya.

Tugas selaku Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Majene, kata Gunawan tentunya selalu siap membantu Pimpinan dalam mengkoordinasikan dan melaksanakan kebijakan umum di bidang penanggulangan bencana pada saat tanggap darurat serta dukungan logistik dan peralatan dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana.

“Suka dan duka di lapangan saat bertugas bersama rekan-rekan sudah sering saya lalui. Apalagi saat bertugas memberikan pelayanan tanggap darurat bencana, dan membantu korban,” pungkasnya. (Ali/hms)

Aktif Mensosialisasikan Tanggap Darurat

Melalui program Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Gunawan terus aktif melakukan berbagai upaya untuk mengantisipasi terjadinya bencana alam di wilayah Majene, antara lain melakukan Sosialisasi tentang daerah rawan bencana alam di Majene dan beberapa kegiatan pelatihan tanggap darurat.

“Kami gencar melalukan sosialisasi kepada masyarakat, terutama di daerah yang rawan terjadi bencana alam, baik bencana alam karena longsor, maupun banjir. Kami juga aktif melaksanakan pelatihan tanggap darurat,” jelasnya.

Mantan Kasi Pemberdayaan Keolahragaan dan Permainan Rakyat Disporabudpar ini, mengungkapkan dalam setiap sosialisasi, BPBD terus memberikan pencerahan kepada masyarakat mengenai dampak yang ditimbulkan dari bencana alam banjir dan tanah longsor.

Dampaknya bukan hanya merugikan pemerintah, tetapi juga terutama masyarakat disekitar lokasi bencana.

Dalam mengantisipasi terjadinya musibah bencana alam, BPBD bekerjasama dengan instansi terkait terus giat memberikan pemahaman kepada masyarakat. Pasalnya, bencana alam terjadi bukan semata-mata karena faktor cuaca (curah hujan tinggi), tetapi juga ulah manusia yang merambah dan menebang pohon di wilayah-wilayah DAS., sebagian besar fungsi hutan disekitarnya sudah menurun karena dibabat untuk lahan kebun dan kayunya diambil sebagai bahan baku bangunan.

“Kami berusaha kembali mengajak masyarakat mulai membiasakan menanam pohon baik di sepanjang DAS maupun lokasi-lokasi yang sudah gundul dan rawan longsor,” kata dia.

BPBD Majene juga terus mendorong terbentuknya tim partisipatif siaga bencana di setiap desa dan kelurahan di setiap Kecamatan. ”Jika setiap desa dan kelurahan memiliki tim relawan bencana alam, maka akan sangat membantu pemerintah dalam melalukan tindakan kedaruratan di lokasi bencana. Selain itu, penanganan bencana akan lebih cepat karena ada tim relawan bencana yang ada di setiap desa dan kelurahan,” terangnya. (Ali/hms)

DATA DIRI

Nama : Gunawan M, S.Pd
TTL : Majene, 24 November 1964
NIP : 196424111984111002
Pangkat /Golongan: Pembina IV/A
Alamat : Kampung Baru, Kelurahan Labuang Majene
Pendidikan Terakhir: Sarjana

Riwayat Pendidikan:
– SD (1976)
– SMP (1980)
– SMA (1983)
– S1 (2008)

Riwayat Pekerjaan:
– CPNS (1984)
– Diangkat menjadi PNS (1986)
– Guru Olahraga SD (1984-2007)
– Kasi Pembinaan Pemuda dan Olahraga Dinas Pendidikan (2007-2009)
– Kasi Pemberdayaan Keolahragaan dan Permainan Rakyat Disporabudpar (2009-2010)
– Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Majene (2010-sekarang)

Most Popular

To Top