EDUKASI BUDAYA

Syahriar Tato Bahas Makna Membaca

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Seniman sekaligus akademisi, Dr Syahriar Tato MS memberi penjelasan makna Iqra atau membaca.

Dengan banyak membaca maka ilmu pengetahuan seseorang akan bertambah. Dengan membaca, hubungan manusia dengan Tuhan akan terjalin, begitupula sesama manusia.

Demikian diungkapkan Syahriar Tato saat menjadi pemateri pada acara Talk Show Tema Buku Urat Nadi Pendidikan digelar Asosiasi Penulis Profesional Indonesia (Penpro) di Warkop Bersama Kita Berbagi (BKB)  Jl Korban 40.000 Jiwa, Sabtu (29/4/17).
Mantan Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Provinsi Sulsel ini menjelaskan betapa pentingnya membaca dalam kehidupan sehari-hari.

Bahkan, lanjut Konsultan Wilayah ini mengatakan, profesi membuat desain tata ruang kota diambil dari membaca buku. “Saya juga membuat Film Silariang berkat literasi membaca,” ungkapnya.

Sementara itu, Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) menilai minat baca masyarakat secara umum masih relatif tinggi. Itu terlihat dari data terakhir yang menyebutkan bahwa pengunjung di Perpustakaan mencapai 1.000 pengunjung. Ungkapan tersebut sekaligus membantah bahwa sekarang ini minat masyarakat membaca berkurang akibat internet.
Demikian diungkapkan Pustakawan Sulsel, Drs H Syahruddin Umar MM saat menjadi pemateri pada acara Talk Show Buku Urat Nadi Pendidikan digelar Asosiasi Penulis Profesional (Penpro) di Warkop Bersama Kita Berbagi (BKB) Jl Korban 40.000 Jiwa.

Syahruddin yang juga salah seorang Kabid di Dinas Perpustakaan dan Arsip mengatakan, untuk terus meningkatkan literasi membaca dengan cara melakukan pembenahan sarana dan prasarana Perpustakaan. “Masyarakat bisa menjadikan Perpustakaan sebagai rumah kedua,” ujarnya. (rusli siri)

 

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!