Ramadan, KPR Bank Mandiri Diprediksi Melambat – UPEKS
KEUANGAN

Ramadan, KPR Bank Mandiri Diprediksi Melambat

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Bank Mandiri Regional X Sulawesi dan Maluku mencatat pada kuartal I/2017 realisasi KPR sudah mencapai 30 persen dari target Rp1 triliun. Di bulan ramadan diprediksi tren penyaluran KPR akan melambat.

Consumer Loan Head Egah Sagalawani mengatakan tren Kredit Pemilikan Rumah (KPR) tahun ini cenderung fluktuasi. Januari mengalami kenaikan namun di Februari dan Maret sedikit tergerus.

“Tidak sebagus tahun lalu. yang booming FLPP makanya pengembang lari ke sana,” kata Egah kepada Upeks.

Menurutnya, tren di bulan Maret itu akan berlanjut di bulan ramadan dan lebaran. Sedikit lesu. Sesuai tren tahunan yang mengalami penjualan yang cukup bagus itu adalah otomotif.

“Tapi pengembang akan genjot penjualan. Juni aga pelan nanti Agustus kejar lagi sampai akhir tahun,” terangnya.

Lanjut Egah, jika kondisi normal seperti yang terjadi di tahun 2014, mulai Maret progresnya terus mengalami kenaikan. Terutama penjualan rumah kelas premium seperti Citraland menjadi segmen khusus. Penjualan lebih diarahkan ke investasi.

“Rumah pertama cari yang 400 juta ke atas. Harga tahun lalu yang banyak ya Rp400-600 juta. Segmen itu sekarang berkurang,” terangnya.

Adapun target KPR perseroan khusus di wilayah Makassar yaitu Rp800 miliar dari target Rp1 triliun tahun ini. Posisi Maret sudah tersalurkan 30%.

Fokus penetrasi KPR saat ini yakni kota Makassar dan Manado. Sedangkan Kota Kendari masih dipengaruhi sektor tambang yang semakin kehilangan pasar sehingga KPR di sana sementara masih direm.

“Dulu di sana tambang bagus, karena ada Citraland,” imbuhnya.

Egah menambahkan, untuk menggenjot performa KPR pihaknya menyiapkan bunga yang cukup kompetitif. Bunga yang ditawarkan 5,99 fiks dua tahun dan bunga 6,75 fiks dua tahun berikutnya dengan tenor minimal 8 tahun. (hry/suk)

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!