UTAMA

Anggaran Ditolak, SYL Akan Surati Presiden

Stadion Barombong

MAKASSAR,UPEKS.co.id — Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo menegaskan akan tetap memperjuangkan penambahan anggaran proyek Stadion Barombong dari pemerintah pusat.

Syahrul mengaku, akan bersurat langsung ke Presiden Joko Widodo, agar mendapat anggaran tambahan proyek stadion Barombong. Sehingga bisa dirampungkan dengan cepat dan pemanfaatannya dapat dirasakan.

“Saat ini kan, anggaran perubahan masih sementara disusun. Memang masih terjadi pengurangan anggaran, sekitar Rp80 miliar sampai Rp 100 miliar, tapi posisinya sudah berada sekitar 60 persen,” katanya, Selasa (16/5/17).

Syahrul mengungkapkan, dalam Rapat Terbatas (Ratas) dengan Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu, dirinya telah meminta agar pemerintah pusat dapat memperhatikan masalah pembangunan stadion barombong ini.

“Kami sudah konsultasi bersama, termasuk dengan Kemenpora, dan ternyata anggarannya sudah tidak ada, makanya pendekatannya akan lain,” ungkapnya.

Hal senada dikemukakan, Kepala Bidang Prestasi Olahraga Dispora Sulsel, Muhlis Mallajareng. Muhli mengaku, pihaknya sedang membuat proposal yang akan dibawa ke Presiden.

“Ini sesuai dengan arahan setelah pak Gubernur mengikuti rapat terbatas bersama, dengan Kementerian terkait beberapa waktu lalu. Memang anggaran di Kementerian tidak ada, tapi kalau Presiden sudah memerintahkan pasti ada,” ujarnya.

Menurutnya, anggaran ini tidak ada karena Kemenpora aaat ini sedang fokus untuk persiapan Asean Games.

“Kalau tidak ada di APBN 2017, maka akan ditalangi dulu melalui APBD. Nanti kita berharap ada anggaran yang dapat membantu untuk finishnya karena ada beberapa kebutuhan lainnya, seperti listrik, air dan sebagainya,” terangnya

Muhlis mengakui, saat awal perhitungan anggaran dibutuhkan sebesar Rp330 miliar. Namun seiring waktu dan perhitungan ulang, anggaran yang dibutuhkan untuk merampungkan pembangunan stadion Barombong sebesar Rp530 miliar. “Tapi anggaran yang kurang sekitar Rp200 miliar untuk merampungkan semuanya,” akunya.

Sebelumnya, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi memastikan perampungan Stadion Barombong di Makassar tidak akan mendapat kucuran Anggaran dari APBN. Pasalnya, anggaran yang ada di Kemenpora difokuskan kepada Asean Games.(eky/rif)

Most Popular

To Top