Prabowo Mau Figur Profesional – Upeks.co.id
IMG-20170130-WA0037
PARLEMENTARIA

Prabowo Mau Figur Profesional

Usungan Gerindra di Pilgub Sulsel

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Arah dukungan sejumlah partai politik ke kandidat tertentu di Pilgub Sulsel 2018 mulai terdeteksi. Salah satunya Partai Gerindra.

Wakil Ketua Bidang Organisasi, Kaderisasi, dan Keanggotaan (OKK) Partai Gerindra Sulsel, Darmawangsah Muin, menyebutkan bahwa Prabowo Subianto selaku Ketua Umum DPP Partai Gerindra menginginkan figur atau kandidat dari kalangan akademisi.

Sama halnya ketika mengusung pasangan profesional Anies Baswedan dan Sandiaga Uno di Pilkada DKI Jakarta lalu. “Jika tidak ada kader yang siap bertarung, biasanya Pak Prabowo mau dari kalangan profesional dan independen,” ujar Darmawangsah, kemarin.

Paling tidak, sambung Ketua Komisi D Bidang Pembangunan DPRD Sulsel ini, kandidat yang diusung nanti bisa mirip Anies. “Paling tidak seperti pasangan di DKI (Anies-Sandi) juga ada di Sulsel,” terangnya.

Diketahui sejauh ini ada tiga nama dari kandidat eksternal yang masuk daftar calon usungan Partai Gerindra. Mereka adalah bupati Kabupaten Bantaeng Nurdin Abdullah, Legislator Partai NasDem DPR RI Luthfi Andi Mutty, dan mantan bupati Kabupaten Gowa Ichsan Yasin Limpo.

Dari tiga nama tersebut, sepertinya nama Nurdin Abdullah lebih mendekati keinginan Prabowo karena berlatarbelakang akademisi (profesional).

Direktur Eksekutif PT Indeks Politica Indonesia (IPI), Suwadi Idris Amir menilai keberhasilan Anies Baswedan-Sandiaga memenangkan Pilkada Gubernur DKI menjadi angin segar bagi para akademisi ataupun profesional menatap Pilgub di Sulsel. Khususnya Nurdin Abdullah.

“Sosok Nurdin Abdullah bukan hanya bermodalkan akademisi menatap Pilgub, tetapi dia juga seorang pengusaha sukses,” sebutnya.

Di mata Suwadi, Nurdin Abdullah memang layak disejajarkan dengan Anies Baswedan. Selain karena keduanya seorang akademisi tulen, juga berlabel tokoh nasional. Belum lagi keduanya memiliki jaringan nasional yang kuat hingga ke lingkaran Istana Presiden dan Wakil Presiden.

Lanjut menurut Suwadi, keberhasilan Anies-Sandi tidak terlepas dari kerja-kerja mesin politik partai pengusung, yaitu Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

“Jika kembali berkoalisi di Pilgub sulsel dan mengusung Nurdin Abdullah, maka Gerindra dan PKS berpotensi kembali berjaya. Sebab citra dan ketokohan Nurdin Abdullah sama dengan citra dan ketokohan Anies Baswedan,” tuturnya. (mah)

Click to comment
To Top