Juni, Santunan Kecelakaan Naik 100% – Upeks.co.id
PERBANKAN FINANCE

Juni, Santunan Kecelakaan Naik 100%

Iuran Jasa Raharja Stagnan

MAKASSAR, Upeks.co.id — PT Jasa Raharja bakal menaikkan nilai santunan kecelakaan transportasi umum dan korban kecelakaan lalu lintas, mulai Juni tahun ini. Tak tanggung-tanggun nilai santunan naik 100%.

Hal itu diungkapkan Humas Jasa Raharja Sulsel, Muh Sabir didampingi Staf Senior Jasa Raharja, Nawardi Arifin kepada Upeks, Kamis (18/5/17). Menurutnya, penerapan kenaikan santunan itu dimulai pada Juni mendatang.

Hal itu sesuai dengan terbitnya Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 15/2017 tentang besar santunan dan iuran wajib dana pertanggungan wajib kecelakaan penumpang alat angkutan penumpang umum di darat, sungai/danau, dan PMK Nomor 16/2017 tentang besar santunan dan sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas jalan.

Kenaikan itu dilakukan karena menilai terjadi perubahan pada faktor kebutuhan hidup dan inflasi, antara Iain kenaikan biaya rumah sakit, obat-obatan, dan kenaikan biaya penguburan. Selain itu negara menganggap bahwa proyeksi keuangan yang disusun oleh PT Jasa Raharja menunjukkan ketahanan dana untuk memberikan kenaikan santunan, meski besaran iuran wajib dan sumbangan wajib tidak dinaikkan.

“Memang santunan naik 100%. Pelayanan juga ditingkatkan. Meski demikian iuran yang dikenakan kepada pemilik kendaraan tetap,” ujarnya.

Dia menambahkan, untuk menerapkan kenaikan itu, pihaknya mulai melakukan sosialisasi kepada publik. Secara resmi sosialisasi itu akan digelar secara bersamaan di tiga kota besar di Indonesia, yakni Meda, Surabaya, dan Makassar pada 23 Mei pekan depan.

“Sebenarnya secara resmi sudah disosialisasikan di Jakarta oleh Menteri Keuangan. Nah untuk di tingkat wilayah, nanti akan dipusatkan di tiga kota besar di Indonesia,” ujarnya.

Di Bagian Timur Indonesia sendiri, dipusatkan di Makassar yang bakal dihadiri oleh Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan, Prof. Suahasil Nazara, S.E., M.Sc., PhD dan sejumlah pejabat daerah. (aka)

Click to comment
To Top