Justice Collaborator Antar Haris Raih Doktor – Upeks.co.id
IMG-20170130-WA0037
EDUKASI BUDAYA

Justice Collaborator Antar Haris Raih Doktor

PERANAN justice collaborator untuk mengungkap tindak pidana dalam proses penegakan hukum pidana di Indonesia, mengantar Abdul Haris Semendawai meraih gelar Doktor Bidang Hukum di Universitas Muslim Indonesia, Rabu (17/5).

Dalam disertasinya, Abdul Haris ingin mengungkap peranan dan jaminan dalam perlindungan bagi justice collaborator. Dalam hukum justice collaborator merupakan salah satu pelaku tindak pidana (bukan pelaku utama) yang bersedia mengakui kejahatan dan membantu menjadi saksi untuk mengungkap kejahatan terkait.

Abdul Haris menilai peranan justice collaborator ini amat berjasa untuk negara. Biasanya, mereka membantu penegak hukum membongkar kejahatan luar biasa.

Hanya saja, sambung Abdul Haris, perlu ada penjabaran secara teknis tentang hukum acara, syarat, proses penilaian, dan hal justice collaborator.

Meski sudah ada beberapa jaminan Hak Asasi Manusia atau HAM terhadap seorang justice collaborator yang dibuktikan dengan instrumen HAM internasional dan nasional.

“Peranan HAM untuk perlindungan justice collaborator perlu maksimal melalui penyempurnaan Undangan-undang. Ini juga dapat mendorong pelaku lainnya lebih mudah bekerja sama untuk membongkar kejahatan,” ungkap Abdul Haris. (mg05/mah)

Click to comment
To Top