Keindahan Hidup Beragama Harus Melibatkan Enam Pilar – Upeks.co.id
SMART CITY

Keindahan Hidup Beragama Harus Melibatkan Enam Pilar

MAKASSAR, Upeks.co.id — Keindahan hidup beragama akan muncul jika semua umat beragama merasa Indonesia adalah bersama.

Namun untuk menjaga kerukunan umat tersebut tak terkecuali di Sulsel, harus melibatkan enam pilar yakni pemerintah, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda dan wanita serta media.

Hal tersebut diungkap Kepala Kanwil Kemenag Sulsel H Abdul Wahid Thahir, dalam Dialog Lintas Agama Tingkat Provinsi dan Dialog Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Dalam Peningkatan Kerukunan di pedesaan/kecamatan Tahun Anggaran 2017, di Hotel Jolin Makassar, Jumat (19/5/2017).

Sedang Kasubag Hukum dan KUB Kanwil Kemenag Prov. Sulsel, H Muh Amrullah,  mengatakan, Indonesia merupakan negara yang memiliki keragaman kultur yang beraneka ragam.

“Keragaman jika dipelihara dan dijaga akan menjadi kekayaan yang berharga bagi bangsa Indonesia, namun jika tidak justru berpotensi menimbulkan konflik dan kerawanan sosial yang akan berimbas pada kedamaian, ketentraman dan kesejahteraan masyarakat, “ungkapnya.

Di tengah kondisi yang demikian, lanjutnya, maka pihak-pihak yang berkepentingan perlu untuk diajak bekerjasama dalam satu visi dan misi penting, yakni membangun kehidupan masyarakat yang rukun dan harmonis.

Kegiatan ini berlangsung hingga 21 Mei 2017 melibatkan 60 orang peserta yang terdiri tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda, tokoh wanita lintas agama yang ada di Kabupaten/Kota se Sulawesi Selatan, serta media cetak dan online.

Beberapa narasumber yakni, Kakanwil Kemenag Prov. Sulsel, Kapus Kerukunan Umat Beragama RI, Kabag Tata Usaha Kanwil Kemenag Sulsel, Ketua FKUB Prov. Sulsel, Kasubag Hukum dan KUB, Majelis Agama (MUI, PHDI dan Keuskupan Agung), Akademisi dan TNI. (Penulis: H Jabbar)

Click to comment
To Top