SMART CITY

Ortu Siswa Menangis di Persidangan

Kasus Pungli PSB

MAKASSAR,UPEKS.co.id — Saksi yang dihadirkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) dalam sidang kasus dugaan Pungutan Liar (Pungli) penerimaan Siswa Baru (PSB) yang mendudukkan terdakwa Kepala SMAN 5 Makassar, Muhammad Yusran, bersaksi di Pengadilan Tindak Pidana korupsi (Tipikor) Makassar, Kamis (18/5/17).

Arif, salah satu orang tua siswa saat memberikan kesaksiannya di hadapan majelis hakim yang diketuai, Bonar Harianja pemandangannya sangat berbeda dengan saksi lainnya. Saat bersaksi, Arif sempat meneteskan air matanya.

Menurutnya, kasus yang ditudingkan kepada Yusran tersebut dinilai bukanlah pungli. Pasalnya kata dia, uang yang diserahkan itu merupakan bentuk sumbangan dalam penambahan sejumlah fasilitas di sekolah tempat anaknya menuntut ilmu.

Penambahan fasilitas tersebut, dirinya melihat sendiri. Ada perubahan penambahan fasilitas di sekolah itu. Khususnya di kelas tambahan atau smart di SMA 5.

Menurut Arif, Yusran merupakan sosok kepala sekolah yang memiliki atitude yang baik. Kalau Yusran dinilai pungli, itu tidak benar karena uang itu adalah sumbangan.

“Saya sendiri melihat, bagaimana Pak Yusran menyambut para siswa saat memasuki sekolah, mereka ditepuk bahunya. Mungkin itu tanda keprihatinannya dengan siswanya,” akunya sambil meneteskan air mata.

Terdakwa Yusran yang mendengar pengakuan saksi dan duduk berdampingan dengan dua penasehat hukumnya tersebut, tampak ikut meneteskan air matanya.

Dalam sidang itu, sejumlah orang tua siswa SMA Negeri 5 hadir memberikan keterangan. Sejumlah saksi mengaku, awalnya anaknya tidak lulus seleksi penerimaan jalur online di sekolah tersebut.

Setelah itu, mereka mendapatkan informasi adanya kelas tambahan di sekolah unggulan tersebut. Sehingga, mereka pun menghubungi Kepala SMA Negeri 5 Makassar, Muhammad Yusran.

Para saksi mengaku, uang yang diserahkan Itu merupakan sumbangan tanpa dipatok jumlahnya.

“Sumbangan sukarela. Saya memberikan hari itu juga kepada Pak Yusran sebanyak Rp5 juta,” aku Amalia Latif yang hadir memberikan kesaksiannya. (jay/ris)

Most Popular

To Top