EDUKASI BUDAYA

Persaingan di FIK UNM Ketat

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Persaingan calon mahasiswa baru (Maba) untuk bisa lulus seleksi di Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Universitas Negeri Makassar (UNM) melalui jalur SBMPTN 2017, semakin ketat. Apalagi jumlah peminatnya mencapai 2.590 orang sementara kuota yang disiapkan hanya berkisar 40%.

“Fakultas Ilmu Keolahragaan merupakan satu-satunya fakultas yang ada di Indonesia Timur. Untuk itu mekanisme penerimaan yakni nilai tertulis dan praktik harus 50 : 50,” jelas Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM) Prof Husain Syam.

Lebih lanjut Husain Syam menambahkan bahwa mekanisme ini nilainya tidak selamanya seimbang. Misalnya ketika ada calon mahasiswa yang mempunyai nilai tertulis dengan bobot 60% dan nilai praktiknya 40%, maka bisa dinyatakan lulus. Begitupun sebaliknya.

“Ketika ada calon mahasiswa yang memiliki nilai tertulisnya 40% tapi nilai praktiknya tinggi mencapai 60% ini juga bisa lulus,” terangnya.

Husain Syam berharap Fakultas Ilmu Keolahragaan mampu melahirkan atlet yang berkompeten. Makanya pihaknya terus membangun fasilitas penunjang.

“Adapun fasilitas yang kami sudah benahi yakni lapangan volli. Pembenahan ini kami terus lakukan secara bertahap sehingga kedepannya Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Makassar lebih maju dan dapat melahirkan atlit yang berkompeten,” ucapnya.

Selain itu, sambung Husain Syam, fakultas yang betul-betul butuh persaingan ketat dan harus mendahulukan keterampilan yaitu Fakultas Seni. Dimana pada tahun 2017 untuk jalur SBMPTN mencapai 1.432 pendaftar sedangkan kuota yang disediakan hanya 40% juga.

“Kedua fakultas ini pendaftarnya harus memiliki dua kemampuan. Selain mampu teori, juga harus bisa praktik, karena nilai praktik dan teori digabungkan menjadi satu,” tutupnya. (mg05/mah)

Most Popular

To Top