Restocking 205 Ribu Benih Ikan – UPEKS
UTAMA

Restocking 205 Ribu Benih Ikan

BPBAP Takalar

BARRU,UPEKS.co.id — Balai Perikanan Budidaya Air Payau (BPBAP) Takalar sebagai salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya, berkomitmen tetap menjaga ketersedian sumberdaya ikan di perairan umum dengan melakukan penebaran kembali bibit ikan (Restocking).

Kegiatan restocking kali ini dilaksanakan di Teluk Awerange, Desa Lawallu, Kecamatan Soppeng Riaja, Kabupaten Barru, Kamis (18/5/17). Benih yang direstocking sebanyak 205.000 ekor, terdiri atas benih bandeng sebanyak 200.000 ekor dan ikan kakap putih sebanyak 5.000 ekor.

Kepala BPBAP Takalar, Nono Hartanto mengatakan, kegiatan restocking tersebut merupakan agenda rutin BPBAP Takalar dalam rangka mengawal kebijakan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, untuk pelestarian sumberdaya ikan di perairan umum.

“Restocking sendiri bertujuan untuk meningkatkan keanekaragaman jenis ikan, menambah stok ikan yang dapat ditangkap oleh masyarakat yang tinggal di sekitarnya, pelestarian sumber daya benih ikan dan pemanfaatan sisa-sisa kotoran organik yang dihasilkan dari kegiatan pembudidayaan ikan,” katanya dalam keterangan resminya.

Disamping restocking, lanjut dia, BPBAP Takalar juga memberikan bantuan kepada 10 kelompok pemnbudidaya dengan jumlah benih yang diberikan sebanyak 85.000 ekor benih.

Dengan rincian 60.000 ekor benih bandeng kepada enam kelompok pembudidaya, masing-masing 10.000/kelompok dan 25.000 ekor kakap putih untuk empat kelompok pembudidaya.

“Bantuan ini bertujuan meningkatkan kesejahteraan para pembudidaya dan memberikan stimulan agar kegiatan budidayanya bisa berkelanjutan. Para kelompok pembudidaya juga kita dampingi dalam kegiatan teknis dan dipantau secara terus-menerus agar bisa berjalan dengan baik,” terangnya.

Jadi, Nono menambahkan, pihaknya bukan hanya memberikan bantuan dan setelah itu ditinggalkan tetapi dilakukan pendampingan mulai dari persiapan lahan, penebaran, sampe dengan panen. Secara rutin, tenaga teknis ( fungsional pengawas budidaya dan Pengendali hama penyakit ikan akan melakukan pendampingan secara periodik.

Sebelumnya, BPBAP Takalar juga telah melaksanakan kegiatan restocking di Kabupaten Pangkep dengan menebar kepiting rajungan dan benih ikan bandeng. Kegiatan ini secara bergiliran akan dilaksanakan dibeberapa kabupaten sebagai upaya menjaga kelestarian sumberdaya ikan.(gun/rif)

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!