Website Mudahkan Publikasi Program Pemerintahan – Upeks.co.id
ANEKA

Website Mudahkan Publikasi Program Pemerintahan

MAKASSAR,UPEKS.co.id — Tingginya pengguna handphone di Provinsi Sulsel menjadi salah satu dorongan bagi pemerintah daerah (Pemda) untuk menyiapkan informasi dan data seputar kebijakan dan program pembangunan yang dilaksanakan.

Menurut Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskisp) Sulsel, H Andi Hasdullah, hingga saat ini, dari total 9,1 juta jiwa penduduk Sulsel, sekitar 78% sudah menggunakan handphone, dan 70% diantaranya merupakan pengguna android yang terkoneksi internet.

“Sekarang sudah jauh memasuki era digital. Dimana, masyarakat menuntut transparansi terkait kebijakan dan program pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah,” kata Hasdullah, saat membuka kegiatan Bimbingan Teknik Pengelolaan Website, di Hotel Grand Imawan, Makassar, Kamis (18/5/17).

Sebab itu, Hasdullah menegaskan, salah satu langkah yang perlu dilakukan pemerintah, yakni dengan membuat website yang dapat diakses masyarakat melalui internet. Website, menurut dia, akan memberikan kemudahan bagi pemerintah untuk menyebarkan informasi terkait penyelenggaraan negara secara cepat, aktual dan akurat.

“Masyarakat yang sudah dominan bisa mengakses internet, bisa lebih cepat, lebih murah mendapatkan informasi dan data yang dibutuhkan. Kapan saja, dan dimana saja. Sehingga jika mereka butuh informasi atau data, cukup akses website tanpa harus datang ke kantor,” katanya.

Kendati begitu, Hasdullah mengakui, jika saat ini pengelolaan website pemerintah, baik kabupaten/kota maupun OPD Provinsi masih terkendala pada minimnya SDM yang handal dalam mengelola website.

“Sehingga ini membuat website mereka seakan tidak terkelola baik, mulai dari informasi berita yang tidak dinamis, data kurang lengkap, hingga tampilan kurang menarik,” katanya.

Karena itu, lanjut Hasdullah, setelah pelaksanaan bimbingan teknik (Bimtek) tersebut pihaknya berharap, pengelolaan website pemerintahan bisa lebih baik dan terus terupdate.

Minimal, website bisa rutin menginformasikan kegiatan pemerintah daerah dan profil potensi daerah masing-masing.

Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggara, yang juga Kepala Bidang Layanan e-Government dan Pengolahan Data Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian Sulsel, Lukmanuddin, menjelaskan, kegiatan Bimtek tersebut tujuannya, selain untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam pengelolaan konten website, juga untuk

meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pengelola dalam hal pembuatan berita, design, lay out, dan penataan konten website.

“Sasaran kami untuk mewujudkan lahirnya SDM handal dan profesional dalam pengelolaan konten website. Sehingga kedepan website itu bisa menjadi pusat layanan data dan informasi pemerintah,” terangnya.

Ia menambahkan, kegiatan yang diikuti sebanyak 80 peserta dari OPD provinsi dan kabupaten/kota itu, menghadirkan narasumber dari akademisi Unhas, Inixindo Makassar dan Jakarta.(eky/rif)

BERITA POPULER

To Top