Siap Sukseskan 18 Revolusi Pendidikan – Upeks.co.id
TAMU EKSPRES

Siap Sukseskan 18 Revolusi Pendidikan

Drs. Baharuddin M.Pd, Kepala UPTD Kecamatan Rappocini

Pendidikan adalah cermin kualitas dan kemajuan sebuah bangsa. Berangkat dari semangat inilah, Walikota Makassar Moh Ramdhan Pomanto telah mencanangkan sebuah terobosan baru beberapa waktu yang lalu mampu merubah wajah pendidikan khususnya di Kota Daeng ini, terobosan ini Ia beri nama 18 Revolusi Pendidikan.

Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pendidikan, termasuk bagian penting secara struktural dalam membantu pemerintah dan Dinas Pendidikan (Disdik) dalam memperbaiki mutu pendidikan di Kota Makassar.
Hal itulah yang dilakukan UPTD Pendidikan Kecamatan Rappocini sebagai perpanjangan tangan Disdik Kota Makassar.

Kepala UPTD Rappocini, Drs. Baharuddin MPd, menegaskan, siap mensukseskan 18 Revolusi Pendidikan yang merupakan salah satu program unggulan Pemkot Makassar sangat efektif mendongkrak mutu pendidikan kota Makassar pada tingkat satuan pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Dasar (SD) khususnya di lingkup Kecamatan Rappocini.

“18 revolusi pendidikan tidak sekadar berorientasi pada pendidikan secara formal tetapi bagaimana mendorong keberpihakan pemerintah terhadap sektor-sektor sosial dan etika di dunia pendidikan,” terangnya.

Menurutnya, 18 Revolusi pendidikan ini didalamnya telah memuat beberapa unsur penting bagaimana keberpihakan Pemkot Makassar pada dunia pendidikan. Diantaranya point pertama, telah tertera “Semua Anak Bisa Sekolah” pada point ini di dalamnya sudah menjadi sebuah komitmen Pemkot bahwa semua anak bisa sekolah.

“Artinya jika kembali pada point ini, maka di masa depan tidak ada lagi anak-anak Makassar yang putus sekolah di usia dini. Pemerintah mengambil tanggung jawab agar mereka menyelesaikan pendidikan sekolah 9 tahun,” tandasnya.

Dalam mensukseskan program Walikota itu, Baharuddin selalu berkoordinasi dengan stakeholder pendidikan di wilayah Kecamatan Rappocini untuk bahu membahu meningkatkan kualitas pendidikan. Termasuk berkoordinasir dengan kepala sekolah yang menjadi tanggungjawabnya agar mampu bisa mengawal program kerja Pemerintah Kota.

“Alhamdulillah dalam menyukseskan program walikota, semuanya berjalan dengan baik. Kalaupun ada kendala-kerndala itu sifatnya teknis dan semoga tahun-tahun ke depan bisa menjadi bagus. Khususnya, sekarang kita lagi fokuskan bagaimana membangun sekolah yang sehat dan bersih,” terangnya.

“Selain Koordinasi setiap UPTD dengan pihak sekolah, saya bersama staf terjun langsung dan mengawal penerapan 18 revolusi pendidikan ini agar terlaksana sesuai harapan pemerintah kota, khususnya UPTD Kecamatan Rappocini. Saya dengan seluruh staf terjun langsung mengawal penerapan 18 revolusi pendidikan ini,” ungkapnya. (mg05/hms)

Tingkatkan Sinergi dengan Stakeholder

Dalam mengemban suatu amanah, ada beberapa target yang harus dicapai, dan target ini dapat tercapai jika disertai dengan kerja yang ikhlas dan terus meningkatkan sinergi dengan beberapa stakeholder.

Kerja keras yang telah di lakukan Kepala UPTD Kecamatan Rappocini, Drs. Baharuddin M.Pd beserta dengan jajarannya dalam mengawal 18 Revolusi Pendidikan yang merupakan program unggulan pemerintah kota Makassar, khususnya di lingkup Kecamatan Rappocini tidak sia-sia selama ini.

Menurutnya dari sekian banyak sekolah di lingkup Kecamatan Rappocini khususnya tingkat satuan pendidikan Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Dasar, penerapan 18 revolusi pendidikan sudah mencapai kurang lebih 80%. Dalam dari 18 revolusi pendidikan sangat membantu dalam meningkatkan kualitas pendidikan khususnya di Kota Makassar.

“Banyak poin di dalam 18 Revolusi Pendidikan yang justru mencakup semua sektor. Bahkan sampai di luar kurikulum. Ini menandakan terobosan ini sangat komprehensif,” jelasnya.

18 Revolusi Pendidikan bisa menjadi acuan utama penyelenggaraan pendidikan di Kota Makassar. Bahkan, sebenarnya berpeluang untuk diadopsi menjadi patron di Sulawesi Selatan.

“Menarik setiap point dalam program ini tidak berbasis pada anggaran besar, karena lebih banyak bertumpu pada motivasi psikis siswa dan guru,” tutupnya.

Burhanudin merasa bersyukur dengan adanya program 18 revolusi pendidikan, setiap sekolah yang ada di lingkup Kecamatan Rappocini guru dan siswa dapat lebih aktif lagi, sehingga apa yang menjadi harapan dan cita-cita pemerintah kota Makassar dapat tercapai yaitu Makassar dua kali tambah baik. (mg05/hms)

 

DATA DIRI

Nama : Drs. Baharuddin M.Pd
TTL : 24 November 1964
Istri : Salmiah SH MH
Anak : 3 orang
Pendidikan:
– SD di Palampang Kab. Bulukumba (1976)
– SMP di Bulukumba (1980)
– SMA di Tanete Bulukumba (1983)
– UNM Jurusan Psikologi Pendidikan

Karier Pekerjaan:
– Dosen di STKIP Luwuk Baggai, Palu (1988-1990)
– Ketua Koperasi SMPN 18 (sampai sekarang)
– Pernah Mengajar di STM Telkom (2 tahun)
– Pernah Mengajar di Panca Sakti
– Kepsek SMPN 38 Pulau Kodingareng (2013)
– Kepala UPTD Rappocini (April 2016-sekarang)

Organisasi:
– Anggota Korpri Kota Makassar
– Anggota Baberong

BERITA POPULER

To Top