Dua Mahasiswa Perancis Senang Penelitian di UMI – Upeks.co.id
SULSEL MEMBANGUN

Dua Mahasiswa Perancis Senang Penelitian di UMI

 

 


MAHASISWA PERANCIS. Mahasiswa Universite Saoie Mont Blanck Perancis, Matthieu Delpla dan Pauline Clemang diapit Kepala Kantor Urusan Internasional UMI, Setyawati Yani dan Kepala HumasUMI, Nurjannah Abna, Senin (19/6). (foto: Muh. Arafah/Upeks).

MAKASSAR,UPEKS.Co.id—Cukup menggembirakan, menuju World Class International, ekspansi UMI menjalin kerjasama dengan berbagai Perguruan Tinggi di luar negeri mulai membuahkan hasil.

Salah satu realisasi dari kerjasama UMI dengan luar negeri, saat ini dua mahasiswa Perancis penelitian di Fakultas Teknologi Industri (FTI) UMI.

Kedua mahasiswa dari Universite Savoie Mont Blanc Perancis itu, Matthieu Delpla dan Pauline  mengikuti program Magang Mahasiswa Internasional selama dua bulan di UMI.

Kepala Kantor Urusan Internasional (KUI) UMI,Setyawati Yani dan Kepala Humas UMI, Hj Nurjannah Abna saat mendampingi kedua mahasiswa Perancis itu buka puasa bersama jurnalis, Senin (19/9) di Rektorat UMI menjelaskan, selain meneliti, mahasiswa semester 8 itu juga berinteraksi dengan
mahasiswa lainnya di UMI.

Objek penelitian Matthieu dan Pauline di FTI UMI, terkait energi,efisiensi dan dampak lingkungan pada proses pengolahan bio massa sebagai sumber energi dan bahan kimia. Intinya, mereka mencoba  menelusuri secara ilmiah, apakah bisa limbah bisa jadi energi?, kata Setyawati Yani.

Setelah rampung meneliti dua bulan di FTI UMI, kata Setyawati, Juli 2017, Guru Besar (Professor) pembimbing mereka dari Universite Savoie Mont Blanc Perancis akan terbang ke UMI dan menguji hasil penelitian Mattheui Delpla dan Pauline Clemang.

”Penelitian Mattheui dan Pauline merupakan persyaratan wajib untuk meraih gelar sarjana di  Perancis. Untuk melengkapi kegiatannya, kedua mahasiswa asing itu, sudah pernah ikut pengabdian  sosial di Pulau Barrang Caddi dan di Bulukumba,” tandas Setyawati.

Ditemui Upeks usai buka bersama wartawan dengan Pimpinan UMI di Rektorat, Matthieu dan Pauline  mengaku memilih studi terkait energi dan lingkungan di Universite Savoie Mont Blanc. Perguruan  Tinggi tempatnya kuliah merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terkenal di Perancis.

Pemilihan konsentrasi studi terkait lingkungan didasari pertimbangan, ke depan masalah utama  kehidupan manusia, terkait suplai energi dan keberlanjutan kehidupan masyarakat.

Matthieu Delpa mengaku, ayahnya seorang pengusaha dan ibunya seorang guru (tenaga edukasi) di  Perancis, sedangkan Pauline mengaku, ayahnya seorang insinyur dan ibunya pustakawan di Paris.

”Kami senang belajar di Sulsel, kultur masyarakat Makassar, khususnya dosen dan mahasiswa UMI  sangat ramah (friendly), suka membantu dan bersahabat,” ungkap Matthieu Delpla dan Pauline  Clemang yang sehari-harinya ke kampus UMI naik sepeda.

Menyinggung makanan di Makassar, kedua mahasiswa asal Perancis itu mengaku ”No problem,  makanan enak,” ujar mahasiswa asing yang sudah mulai pandai cakap Bahasa Indonesia itu.

Selama studi di FTI UMI, Pauline Clemang tinggal di Rusunawa UMI, sedangkan Matthieu Delpla, kost  dekat kampus UMI. Lokasi kostnya berdekatan kediaman salah satu dosen muda UMI yang juga  bertindak sebagai pengawas Matthieu, kata Setyawati Yani, Kepala Kantor Urusan Internasional UMI.  (arf).

Click to comment
To Top