Jamaah Embarkasi Makassar Tersebar di 28 Pemondokan – Upeks.co.id
NASIONAL

Jamaah Embarkasi Makassar Tersebar di 28 Pemondokan

MAKASSAR, UPEKS.Co.id– Kementerian Agama RI telah melakukan qu’rah (pengundian)  pemondokan jamaah haji wilayah Makkah.

Khusus jamaah Embarkasi Makassar yang terdiri 35 kloter meliputi delapan provinsi di Indonesia Timur  menempati 28 wilayah. Selain Sulsel, provinsi lain yang tergabung di embarkasi, Sulbar, Sultra,  Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat.

Berdasarkan hasil qur’ah yang dihadiri semua kakanwil kemenag se Indonesia, tujuh kloter berada di  wilayah Syisyah berjarak lebih 3 km dari Masjidil Haram, termasuk kloter pertama dan kedua  Makassar. Di wilayah Jarwal (1,3-2 Km), Misfalah (2 – 3 Km) dan (Mahbas Jin 2 – 3 Km) masing-
masing ditempati lima kloter. Selanjutnya, Raudhah (2,6 – 3,5 Km) empat kloter dan Aziziyah (3 – 4  Km) dua kloter.

Mewakili Menag Lukman Hakim Saifuddin, Sekjen Kemenag Nur Syam mengatakan, qur’ah dilakukan  dalam rangka memberikan keadilan diterapkan dalam penempatan pemondokan jamaah haji.

“Untuk memenuhi aspek keadilan penempatan jamaah haji di Makkah, Kemenag melakukan Qurah bagi penempatan jamaah haji pada maktab-maktab,”ujar Nur Syam saat membuka Qur’ah  Pemondokan Jamaah Haji Wilayah Makkah 1438H/2017M di Jakarta, Senin lalu.

Kuota jamaah haji Indonesia, tahun 2017 meningkat menjadi 221.000 orang. Sebanyak 204.000 untuk  jamaah haji reguler dan 17.000 untuk jamaah haji khusus.

Pengundian dilakukan pada 70 maktab berkapasitasnya 3.000 jamaah atau sekitar 7 sampai 8 kloter.

Selain itu, di sektor Makkah telah disiapkan 155 hotel dan Bus antar jemput dari hotel ke Masjidil  Haram.

Khusus di Madinah, diiapkan 131 hotel dengan jarak terjauh 1.300 meter dan disiapkan layanan bus  sholawat.

Jumlah sektor tahun ini juga bertambah baik di Makkah maupun Madinah karena jumlah kuota haji  Indonesia bertambah tahun ini. Khusus di Makkah, pemondokan yang jaraknya di atas 1,5 kilometer  pun sudah disediakan bus Shalawat yang akan berkeliling 24 jam untuk membantu jamaah.

Kakanwil Kemenag Sulsel, H Abd Wahid Thahir didampingi Kabid Penyelenggara Haji dan Umrah  Kanwil Kemenag Sulsel H. Kaswad Sartono berharap pelaksanaan Haji tahun ini, Sulsel dan  Embarkasi Makassar bisa semakin lebih baik dari sebelumnya.

“Meskipun jumlah kloter semakin banyak dari sebelumnya yang hanya 27 Kloter, dan musim haji  tahun ini bertambah menjadi 35 kloter di Embarkasi Makassar (Khusus Sulsel terdapat 16 Kloter) akan  tetapi dengan semakin membaiknya kondisi fasilitas yang disiapkan oleh kementerian agama.

Diantaranya Wisma haji yang baru, Adanya Mok Up Pesawat di asrama Haji Sudiang Makassar, dan  koordinasi dan komunikasi dengan pemerintah daerah kabupaten/kota serta instansi terkait.

“Saya optimis Insya Allah tahun ini akan lebih baik, dan kita akan terus upayakan hal tersebut,  sebagaimana prestasi tahun sebelumnya dimana Embarkasi dan Debarkasi Makassar menjadi yang  terbaik diantara Embarkasi Debarkasi haji di seluruh Indonesia,’ ucapnya.

Sementara itu, Kaswad Sartono mengatakan, saat ini seluruh komponen dan sumberdaya yang ada di  Bidangnya sampai Ke Kemenag Kabupaten Kota dan KUA Kecamatan akan berusaha keras untuk  menyelesaikan segera dan tepat waktu terkait persiapan persiapan penyelenggaraan haji baik itu  persiapan kelengkapan administrasi, proses pendampingan dan manasik haji serta hal hal lainnya  seperti Pasport, Visa, koper jamaah dan hal hal terkait lainnya.

Hadir dalam acara ini Ketua Komisi VIII DPR RI Ali Taher, Ketua Komisi Pengawas Haji Indonesia  (KPHI) Samidin Nashir, Pejabat Eselon I dan II Pusat Kementerian Agama, Kepala Kanwil  Kementerian Agama seluruh Indonesia, Kepala Bidang Haji seluruh Indonesia. (rls).

 

BERITA POPULER

To Top