Pemudik Melonjak 100% di TRD – Upeks.co.id
SMART CITY

Pemudik Melonjak 100% di TRD

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Jumlah keberangkatan penumpang di Terminal Regional Daya (TRD) sejak 15 Juni lalu, meningkat 100%.

“Sejak dibuka posko pada H-10, jumlah penumpang terus meningkat,” kata Hakim Syahrani, Dirut PD Terminal Makassar Metro (TMM), Minggu (18/6/17).

Hakim menuturkan, jumlah menumpang meningkat dua kali ketimbang pada hari-hari biasa. Penumpang pada hari biasa rata-rata mencapai seribu orang. Namun, sejak H-10 atau 15 Juni mencapai 2 ribu orang setiap hari.

Pada Sabtu (17/6/17) lalu, kata Hakim, penumpang yang berangkat di TRD mencapai 2.711 orang. TMM pun mengerahkan seluruh pegawai untuk mengantisipasi lonjakan penumpang.

“Jadi, kita kerahkan semua pegawai untuk mengantisipasi peningkatan jumlah penumpang agar memberikan kenyamanan kepada penumpang,” kata Hakim.

Lanjut Hakim, pihaknya memprediksi puncak arus mudik terjadi pada H-3 lebaran atau pada 22 Juni nanti. Karena itu, TMM pun berkoordinasi dengan berbagai stakeholder untuk memberikan pelayanan maksimal.

Pada aspek kesehatan, TMM berkoordinasi dengan Jasa Raharja dan Dokter Kepolisian (Dokpol). Mereka akan mulai bertugas pada malam nanti.

Selain itu, TMM juga berkoordinasi dengan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sulsel untuk melakukan pemeriksaan kepada pengemudi.

Bahkan, uji kelaikan angkutan yang dikenal dengan ramp check lebih dahulu dilakukan. Ramp check dari Dishub Makassar digelar sejak H-10 lalu.

Unit Pelaksana Teknis Dinas Pengujian Kendaraan Bermotor (UPTD PKB) Dishub Makassar menggelar ramp check pada malam hari.

Kepala UPTD PKB Dishub Makassar, Muh Hanafi mengatakan, ramp check dilaksanakan setiap pukul 19.00-22.00 wita.

“Ramp check akan dilaksanakan sampai H+7, bahkan pada puncak arus mudik kemungkinan akan berlangsung sampai pukul 24.00 wita,” tuturnya. (rul/suk)

Click to comment
To Top