Bersikap Terbuka Kepada Masyarakat – Upeks.co.id
TAMU EKSPRES

Bersikap Terbuka Kepada Masyarakat

Lyliani Sunarno, Lurah Tidung

Menjalankan rutinitas dalam jajaran birokrat pemerintahan, tentunya bukan perkara mudah. Setiap pamong harus amanah, jujur dan bersikap terbuka, maka semua akan berjalan sebagaimana mestinya.

Hal inilah diyakini Lurah Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar yang bernama lengkap Lyliani Sunarno.Dikatakan Lyli sapaan akrab perempuan murah senyum ini, jika untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat.

Maka kata dia, seorang birokrat seharusnya bersikap terbuka.”Program hanya sebagai mediator dalam melayani masyarakat. Tapi, hal yang paling mendukung untuk memaksimalkan pelayanan adalah bersikap terbuka (welcome) kepada masyarakat,” jelasnya kepada Upeks, saat ditemui di ruang kerjanya, baru-baru ini.

Menurut mantan Kasi Pemerintahan Kelurahan Maccini ini, tidak bersikap terbuka, maka seorang pemimpin tidak akan pernah bisa memahami hal apa yang dibutuhkan masyarakat tentunya.”Kalau bisaki berbaur dengan masyarakat dan saling terbuka satu sama lain, maka permasalan permasalahan yang dilapangan akan mudah kita temukan solusinya,” terangnya.

Sikap terbuka kepada masyarakat membuat Lyli selama mendapat amanah selaku lurah, membuat dirinya lebih dekat dengan warganya. “Bersikap terbuka inilah yang saya lakukan dalam mengemban amanah pemerintahan dalam melayani masyarakat,” kata mantan Lurah Ballaparang ini.(mg1/hms)

Optimalkan Pelayanan 

Satu lagi inovasi Kecamatan Rappocini, khususnya kelurahan Tidung dalam hal pelayanan kepada masyarakat yakni Program Motor Lorong’ta.Lurah Tidung Kecamatan Rappocini, Lyliani Sunarno mengatakan, program Motor Lorong’ta ini murni inovasi camat Rappocini. Dan telah dijalannkan secara maksimal khususnya di Kelurahan Tidung.

“Program Motor Lorong’ta ini didedikasikan untuk memudahkan pengurusan administrasi warga,” katanya.Memudahkannya lagi, lanjut Lyli, berkas warga dijemput langsung. “Warga yang ingin mengurus administrasi dikelurahan, tidak harus repot -repot lagi ke Kantor, karena kami akan jemput langsung berkasnya, bahkan saya sendiri biasanya turun langsung untuk menandatangani berkasnya,” ungkapnya.

Program ini sudah berjalan kisaran enam bulan hingga saat ini. Sosialisasi bersama staf sudah gencar dilakukan ke warga.”Alhamdulillah, terhitung pasca pelantikan sekitar januari lalu, program ini sudah dioptimalkan. Warga sangat menyambut baik program ini karena sangat memudahkan,” ujarnya.Adapun waktu pelayanan, sambung Lyli yakni Senin sampai Jumat.

“Masyarakat tidung yang ingin dijemput berkasnya, dapat menghubungi nomor Kontak saya langsung atau staff lainnya yang tertera di spanduk pelayanan kelurahan Tidung mulai hari Senin-Jum’at, dengan catatan melengkapi berkas dengan mekanisme yang diatur tentunya semisal surat pengantar RT/RW setempat,”jelasnya.Lyli berharap, semoga dengan program ini, warga kecamatan Rappocini khususnya di kelurahan Tidung, dengan mudah melakukan pengurusan administarsi di birokrasi. (mg1/hms)

Tetap Perhatikan Penampilan

Membahas tentang fashion, tentunya akan menyentuh semua kalangan hingga tentunya ke kalangan birokrat. Sebab diketahui bersama, jika fashion adalah kebutuhan dalam beraktivitas.Lyliani Sunarno menilai jika fashion dan wanita tidak dapat dipisahkan, sehingga wajib diperhatikan.

“Fashion dan perempuan adalah satu ikatan yang tak dapat dipisahkan. Apalagi seperti saya yang padat kegiatan dilapangan,” ujar perempuan yang suka fashion ala casual ini.Pamong yang hobi traveling ini menjelaskan, fashion akan tampak indah, jika seseorang dapat menyesuaikannya dengan kondisi. Dalam hal ini, bergaya sesuai dengan kebutuhan kegiatan.

“Saya kan biasanya turun langsung berbaur ke masyarakat, sehingga saya dominan suka bergaya ala casual (santai) dengan mengenakan jeans, sepatu sports, kemeja dan aksesoris sesuai kebutuhan,” imbuhnya.Untuk itu, seorang perempuan, apalagi yang bergeliat dipemerintahan harus senantiasa perhatikan penampilan. “Kan bagus juga, kalau kita menjalankan tugas dalam hal ini melayani masyrakat dengan rapi,” tutupnya. (mg1/hms)

DATA DIRI

Nama : Lyliani Sunarno

TTL : Ujung Pandang, 5 Agustus  1971

Hobi : Traveling

Suami : Junan Fathana

Anak : 4 orang

Karier Jabatan: 1. Kasi Pemerintahan Kel. Maccini  2. Lurah Ballaparang  3. Lurah Tidung

Most Popular

To Top