UTAMA

Proyek Pemberdayaan Masyarakat Rp77 M Diresmikan

Wapres JK Kunjungi Unismuh Makassar

MAKASSAR,UPEKS.co.id — Dalam rangka milad yang ke-54 tahun, Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menggelar rapat senat terbuka luar biasa yang dihadiri langsung Wakil Presiden (Wapres) RI Jusuf Kalla (JK), di lantai 3 Balai Muktamar Muhammadiyah Unismuh Makassar, Jumat (28/7/17).

Pada kesempatan tersebut, Wapres JK menerima tanda kehormatan dan penganugerahan dari Unismuh Makassar yang pertama. Wapres juga meresmikan beberapa proyek pemberdayaan masyarakat yang bernilai akademik dan ekonomi serta bisnis dengan total nilai proyek sebesar Rp77 miliar.

Antara lain, Pusat Penangkaran bibit tanaman unggul seperti jagung dan palwija dengan luas 13 Ha yang ada di Desa Bolang,i Kabupaten Gowa, dengan nilai proyek Rp40 miliar, pabrik pengolahan jagung di Desa Doja, Gowa dengan kapasitas 150 ton per hari dengan nilai proyek Rp15 miliar,

Kemudian Gedung Rektorat Unismuh di Lantai 16 Menara Iqra dengan nilai proyek Rp10 miliar dan Rusunawa untuk pengkaderan dan pelatihan kepemimpinan mahasiswa dan angkatan muhammadiyah, hibah dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI (Gedung Pusdiklat Angkatan Muhammadiyah) yang representatif berlokasi di Bollangi, Gowa dengan nilai proyek Rp9 miliar

Serta peletakan batu pertama pembangunan gedung kuliah dan asrama mahasiswa berlantai 3, untuk program Pendidikan Islam dan Bahasa Arab atas hibah AMCF berpusat di Dubai Unit Emirat Arab dengan nilai proyek sebesar Rp3 miliar.

Wapres RI, Jusuf Kalla mengatakan, dalam memperingati hari jadi atau milad ada dua hal yang harus diingat dan dilakukan. Pertama, mengingat apa yang telah dilakukan pada waktu lalu dan yang kedua memikirkan apa yang harus dilakukan pada waktu yang akan datang.

“Perguruan tinggi memiliki sifat yang dinamis, untuk itu ketika suatu perguruan tinggi ingin maju harus mampu mengevaluasi dan merancang apa yang harus dilaksanakan pada masa yang akan datang juga mampu mengingat apa yang telah dilakukan pada waktu lalu,” katanya.

JK menambahkan, pendidikan terus mengalami perkembangan seiring dengan kemajuan teknologi. Untuk itu, kedepannya Unismuh mampu membina dan menanamkan soft skill kepada mahasiswa berjiwa entrepreneur.

Sementara Rektor Unismuh Makassar, Abd Rahman Rahim menuturkan, dinamika perjalanan Unismuh Makassar dalam kurun waktu setengah abad ini terus berupaya mengembangkan diri untuk menjadi perguruan tinggi Islam yang unggul dan terpercaya.

“Sejak tahun 2014 lalu Unismuh Makassar telah mengantongi akreditasi institusi dengan nilai “B” dan diantara 40 Program studi yang ada di Unismuh, 1 program studi terakreditasi A, 23 terakreditasi B, 4 terakreditasi C, dan sisanya dalam proses akreditasi sebagai program studi baru,” tuturnya.

Lebih Lanjut Rahman menambahkan, milad yang ke-54 tersebut mempunyai arti penting karena perjalanan Unismuh yang lebih setengah abad telah mengalami perkembangan berkat dukungan dan perhatian Wapres Jusuf Kalla, utamanya pembangunan Gedung Iqra yang berlantai 18 yang kini menjadi ikon Unismuh Makassar.

“Beliau sangat berjasa terhadap perkembangan Unismuh atas buah pikiran beliau sehingga Unismuh bisa memperoleh pembiayaan dari berbagai pihak serta pada kesempatan ini Wapres meresmikan beberapa proyek pemberdayaan mayarakat yang bernilai akademik dan ekonomi serta bisnis dengan total nilai proyek sebesar Rp77 miliar,” tandasnya.(mg5/rif)

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!