Pasar ATV Cukup Menjanjikan – UPEKS
OTOMOTIF

Pasar ATV Cukup Menjanjikan

MAKASSAR, UPEKS–Saat ini, sudah banyak tipe dan jenis motor yang ada di pasaran yang digunakan khusus menguji adrenalin. Salah satunya adalah motor tipe ATV (All Terrain Vehicle). Motor ini selalu digunakan di berbagai medan berbahaya mulai dari medan bergelombang, berbatu, becek dan beberapa medan jalan yang sulit dilalui motor biasa.

Saat ini, hanya Viar sebagai pabrikan motor ternama yang berani memasarkan produk ATV di Indonesia. Itu karena Viar melihat di segmen ATV ini, masih sangat minim sehingga bisa menjadi potensi besar untuk penjualan motor. Juga, tumbuhnya hobi masyarakat untuk adventure dan menguji adrenalin membuat pasar ATV punya potensi pasar yang cukup baik.

Marketing Manager PT. Triangle Motorindo Makassar, Sutodi mengatakan, kalau di Pulau Jawa, motor tipe ATV dijadikan sebagai motor rental yang bisa disewa untuk keperluan konsumen. Sehingga motor tipe tersebut bisa laris bagi masyarakat yang ingin berbisnis rental ATV.

Khusus di Sulawesi, di mana masyarakatnya senang adventure dan bermain-main produk ATV bisa menjadi tipe motor yang menjanjikan. “Meskipun sekarang belum terlalu nampak, tapi potensi pasarnya di Sulawesi ini tetap ada,” ujarnya.

Sutodi melanjutkan, bukti potensi pasar ATV tetap terlihat dengan merujuk pada penjualan produk ATV Viar di Sulawesi yang bisa laku tiap bulannya. Di bulan Juli saja, tercatat sudah 3 unit yang melakukan inden, dan barangnya sudah siap untuk diantar ke tempat tujuan. Dan untuk bulan ini juga sudah ada masyarakat yang bersedia untuk inden. “Tiga unit itu kita mau antar ketiga tempat yang berbeda. 1 yang sudah sampai di Kolaka Utara, yang dua unit baru mau kita antar di Bone dan Mamuju,” tambahnya.

Namun sampai saat ini, konsumen yang cukup banyak berasal dari masyarakat yang hobi bermain-main di pantai dengan menggunakan motor ATV. Dan tipe motor ATV ini dibeli untuk direntalkan kembali. “Biasanya direntalkan di tempat wisata pantai agar orang-orang yang berlibur dapat menggunakannya menyusuri pantai. Kadang orang-orang pakai untuk bermain-main,” ungkapnya.

Saat ini, sudah ada empat seri motor tipe ATV yang dikembangkan oleh Viar. Yakni Razor 100 SP, Razor 150 SP, Razor 150 UT dan Razor 250. Produk Razor dari Viar sendiri memiliki torsi maksimal yang bermacam-macam. Mulai dari 7,2 Nm/6000 rpm sampai 23 Nm/7000 rpm. Rata-rata kapasitas pelumasnya sampai 1 liter, kecuali Razor 100 SP yang hanya sampai 0,8 liter. Sistem pengapiannya pun sudah menggunakan DC-CDI. Sementara tipe suspensi depan dan belakang menggunakan absorber. Untuk daya maksimal, rata-rata bisa sampai 5,1 KW/8000 rpm sampai 19 KW/9000 rpm. (mg3)

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!