Sastra Prancis-Dispar Torut Kembangkan Agrowisata Khusus Bahasa Prancis – Upeks.co.id
EDUKASI BUDAYA

Sastra Prancis-Dispar Torut Kembangkan Agrowisata Khusus Bahasa Prancis

Rantepao, Upeks–Toraja Utara (Torut) menjadi salah satu kabupaten dengan objek wisata yang menarik. Salah satu varian objek wisata yang menarik untuk dikembangkan adalah wisata agro karena Toraja Utara memiliki alam yang menunjang komoditas kopi, cengkeh dan cokelat.

Produk Toraja yang sudah dikenal di dunia adalah kopi. Salah satu aspek pelayanan penting dalan bidang pariwisata adalah bahasa. Atas dasar itulah, dosen Jurusan Sastra Prancis Fakultas Ilmu Budaya (Sastra) Universitas Hasanuddin (Unhas) melakukan pengabdian kepada masyarakat di Toraja Utara, belum lama ini.

Unhas melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Melakukan kerja sama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Torut.

Bentuk pengabdian yang dilakukan adalah wokrshop. Dalam workshop tersebut peserta dibekali pengetahuan tentang bahasa Prancis bidang agrowisata.

Sejumlah dosen yang ikut dalam pengabdian masyarakat tersebut adalah Dr Muh Hasyim MSi, Dr. Mardi Adi Armin., Hasbullah M.Hum, Dr. Ade Yolanda Latjuba, Masdiana, M.Hum, dan Dr. Prasuri K.

“Dalam workshop juga diajarkan pentingnya merancang atau mendesaign paket wisata agro yang dapat menunjang wisata budaya tradisi seperti rambu solo dan lainnya,” ujar salah satu dosen Sastra Prancis Dr Muh Hasyim, M.Si.

Usai workshop diharapkan tindak lanjut kegiatan adalah adanya bahan ajar bahasa Prancis bidang pariwisata, yang nantinya dapat digunakan oleh pelaku pariwisata di Toraja Utara. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top