Cicu-Appi Bisa Kandaskan Danny – UPEKS
PILKADA

Cicu-Appi Bisa Kandaskan Danny

 

 

Ditopang Kekuatan Besar

MAKASSAR, UPEKS — Kans petahana Mohammad Ramdhan Danny Pomanto didukung koalisi gemuk di Pilwali 2018 mendatang terbuka lebar. Hal itu seiring sejumlah partai politik cenderung merapat ke Walikota Makassar tersebut.

Meski demikian, Danny masih harus mewaspadai sikap Partai Golkar dan Partai NasDem yang menyiapkan perlawanan. Apalagi lima nama yang menguat dan layak untuk diusung oleh kedua partai ini terbilang kuat.

Masing-masing; Kepala Dinas Pendidikan Sulsel Irman Yasin Limpo alias None, Ketua DPD Partai NasDem Kota Makassar Andi Rachmatika Dewi alis Cicu, CEO PSM Munafri Arifuddin alias Appi, Farouk M Betta, dan Rusdin Abdullah.

Pengamat politik Universitas Hasanuddin (Unhas), Dr Jayadi Nas menilai dari kelima nama tersebut paket Andi Rachmatika Dewi-Munafri Arifuddin alias Appi bisa mengandaskan hasrat Danny untuk duduk dua periode sebagai Walikota Makassar. Jayadi beralasan kedua kandidat tersebut ditopang kekuatan besar.

“Tidak bisa dipungkiri jika Ilham Arief Sirajuddin nantinya bisa saja berada di balik tim pemenangan Cicu. Begitupun dengan Munafri dari kekuatan Bosowa dan Kalla Group,” sebut Jayadi.
Menurut Jayadi, keduanya berpotensi menggaet banyak dukungan. Dimana Cicu merupakan Wakil Ketua DPRD Sulsel yang berasal dari daerah pemilihan (Dapil) I Sulsel pada Pileg lalu meraup kurang lebih 25 ribu suara. Sementara Appi selain sebagai pengusaha, dia juga diperkuat komunitasnya sebagai CEO PSM.

Lebih juah, Jayadi mengatakan paket ini akan lebih kuat lagi jika Munafri sukses membawa gerbong Partai Golkar. Pasalnya, kata dia, Partai Golkar bisa saja menjadi penentu jumlah kontestan Pilwali.

“Kalau Munafri membawa Partai Golkar dan merapat ke Danny Pomanto, maka bisa saja kotak kosong di Piwali. Tapi seandainya Golkar kukuh melawan Danny, maka kemungkinan kontestan paling banyak tiga pasang,” pungkas Jayadi.

Sementara itu, Direktur Nurani Strategic, Nurmal Idrus berpendapat, kemungkinan paket Cicu-Appi bisa terwujud. Apalagi Cicu dianggap telah punya modal dukungan dari Partai NasDem. “Yang harus dihitung Munafri dengan sokongan mertuanya, Aksa Mahmud, tentu akan lebih mudah mendapatkan partai,” terangnya.

Diketahui, CEO PT PSM, Munafri Arifuddin menunjukan keseriusannya maju di Pilwali Makassar dengan mengikuti tahapan penjaringan bakal calon di sejumlah partai politik. Salah satunya di Partai Golkar.

Appi sendiri mengatakan bahwa niatnya untuk maju di Pilwali Makassar karena menurutnya Kota Makassar sangat mungkin untuk dibenahi lebih baik ke depannya. Oleh karena itu dirinya optimis untuk diusung Partai Golkar.

“Yah, tentu kalau kita melangkah dari rumah dengan niat yang tulus. Maka tidak ada ceritanya kita mundur. Maka saya yakin akan mengendarai Partai Golkar,” tegas Appi usai mengikuti fit and proper test di Sekretariat Partai Golkar Sulsel.

Munafri Arifuddin merupakan kandidat yang mendapat status diskresi atau rekomendasi khusus dari DPD I Partai Golkar Sulsel untuk mengikuti tahapan penjaringan di tingkat DPD I Partai Golkar. Selain Appi, Irman Yasin Limpo juga merupakan kandidat yang mendapat status diskresi dari Nurdin Halid. (mah)

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!