Komisi VI: Banyak Masalah, BPKN Harus Lebih Agresif – UPEKS
PILKADA

Komisi VI: Banyak Masalah, BPKN Harus Lebih Agresif

 

MAKASSAR, UPEKS.co.id– Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) dituntut bisa lebih nyata mewujudkan tugasnya melindungi konsumen. Sejumlah kasus yang menempatkan konsumen sebagai korban  pengusaha atau perusahaan nakal adalah isyaratnya.

“Lihat saja persoalan-persoalan seperti First Travel, Aco, Buvanes Spinal, Vaksin Palsu, dll, yang jadi bulan-bulanan itu adalah konsumen,” keluh anggota Komisi VI DPR RI, Fadhlullah, kepada wartawan, Minggu, 3 September 2017.

Fadhullah mengingatkan, jika masalah serupa terus berulang dan bertambah, itu sudah menjadi persoalan serius yang peru mendapatkan perhatian negara.

“Di sinilah Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) harus hadir. Harus nyata. Jujur saja,  BPKN selama ini hanya cenderung pasif. Wajar jika keberadaannya belum dirasakan oleh masyarakat,” kata legislator asal Aceh ini.

Padahal, sambungnya, idealnya lembaga BPKN menjadi garda terdepan Negara dalam memberikan perlindungan konsumen. Mereka bukan lain adalah warga negara Indonesia sendiri.

Fadhlullah berharap, BPKN ke depan perlu dikelola dengan lebih profesional dan proaktif terhadap persoalan persoalan ketidakberdayaan konsumen nasional.

“Proaktif, agresif, jemput bola, saya pikir gaya seperti ini yang dibutuhkan agar BPKN benar-benar bisa dirasakan manfaatnya,” katanya.

“Dampak dari persoalan konsumen ini cukup serius. Mulai dari kerugian materil hingga yang mengakibatkan kematian. Jadi semua itu akibat ketiadaan perangkat perlindungan konsumen yang harusnya disiapkan oleh BPKN,” katanya. (rls)

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!