623 PNS Pemprov Pensiun – UPEKS
ANEKA

623 PNS Pemprov Pensiun

MAKASSAR,UPEKS– Pemprov Sulsel berupaya menuntaskan masalah mutasi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Hal ini dilakukan untuk menutupi minimnya tenaga ahli pada sejumlah OPD yang membutuhkan. Belum lagi, hingga 31 Agustus lalu, jumlah PNS Pemprov yang pensiun mencapai 623 orang, terdiri atas teaga pegawai dan guru.

Wakil Gubernur (Wagub) Sulsel, Agus Arifin Nu’mang, sendiri meminta agar mutasi PNS lingkup Pemprov bisa segera dituntaskan. Sebab, berdasarkan data BKD Sulsel, saat ini dari 103 berkas yang menyatakan pindah, baru sekitar 30 berkas yang selesai ditandatangani.

Selain itu, beberapa OPD juga membutuhkan tenaga baru khususnya pada bidang keahlian yang dibutuhkan. “Kita minta yang mutasi ke provinsi itu benar-benar clear,” kata Agus, Selasa (5/9/17).

Mutasi PNS ini, lanjut dia, juga berkaitan dengan anggaran. Karena kalau yang masuk dan keluar tidak sebanding, maka nantinya akan bermasalah. “Karena ini menyangkut tunjangan, seperti pakasi dan sebagainya,” terangnya.

Selain itu, mantan Ketua DPRD Provinsi Sulsel ini mengakui, saat rapat dirinya menggelar rapat bersama, dirinya baru tahu jika ternyata di Inspektorat saat ini membutuhkan tenaga sarjana teknik dan akuntansi.

“Karena inspektorat ini sudah kerjasama dengan balai jalan, untuk melakukan pemeriksaan terhadap jalan nasional yang ada di provinsi. Makanya tadi (kemarin) kita bahas, apakah ada tenaga di instansi lain yang bisa dipindahkan ke Inspektorat,” urainya.

Tak hanya itu, pada posisi jabatan eselon II Pemprov Sulsel, sedikitnya akan ada 7 jabatan yang lowong pada Desember mendatang. Ini juga akan segera dituntaskan dengan jalan lelang jabatan. Untuk itu, pemprov sudah siap mengirim surat ke Mendagri dan KASN untuk melakukan pengisian dan lelang jabatan.

Sementara Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulsel, Ashari F Radjamilo mengatakan, untuk mutasi PNS, saat ini memang baru 30 berkas yang selesai dari total 103 yang masuk.

“Dari 103 yang akan pindah, 30 yang telah ditandatangani, selebihnya masih proses. Tapi yang pensiun sampai 31 Agustus ada 623, berarti lebih banyak keluar daripada yang masuk. Hanya yang pension, ada beberapa dari OPD dan juga guru,” terangnya.(eky/rif)

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!