Pembayaran dengan Uang Elektronik Berlaku Oktober – Upeks.co.id
ANEKA

Pembayaran dengan Uang Elektronik Berlaku Oktober

JALAN TOL

MAKASSAR, UPEKS–Pengguna jalan tol, sebaiknya sudah memiliki uang elektronik. Sebab, mulai Oktober 2017, pembayaran di ruas tol Kota Makassar hanya dengan Uang Elektronik.

Pihak pengelola jalan tol Sulsel berencana untuk membangun minimal 1 (satu) Gerbang Tol Otomatis (GTO) pada setiap 1 (satu) gerbang tol yang dapat aktif digunakan per Oktober 2017.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi selatan, Bambang Kusmiarso menjelaskan, Bank Indonesia bekerjasama dengan pengelola jalan tol dan lembaga penerbit uang elektonik terus menggiatkan sosialisasi dan edukasi secara intensif sebelum maupun setelah bulan Oktober 2017. Ini agar masyarakat lebih paham dan mengerti tujuan serta manfaat dari penggunaan uang elektronik di jalan tol.

“Sebenarnya sudah banyak masyarakat yang meminta, kapan nih elektronifikasi jalan tol di Sulawesi Selatan,” kata Bambang dalam jumpa persnya, Selasa (5/9/17).

Sosialisasi dan edukasi, lanjut Bambang, dilakukan lewat berbagai media seperti penyebaran 10.000 selebaran (flyer) promosi elektronifikasi tol. Masing-masing 1.000 flyer di acara Pembukaan FESyar tanggal 25 Agustus 2017 dan 9.000 flyer disebarkan di tol, parkiran mall, dan masyarakat umum. Kemudian, billboard telah terpasang sejak Agustus 2017 dan spanduk yang telah terpasang di ruas-ruas jalan raya Kota Makassar.

“Ada juga pemasangan baliho pada titik strategis, termasuk pemasangan media audio pada gerbang tol,” jelasnya.

Sementara Kepala Grup Advisory dan Pengembangan Ekonomi KPW BI Sulsel, Dwityapoetra Soeyasa Besar menjelaskan, sejauh ini, sudah ada beberapa bank yang telah memiliki produk uang elektronik seperti BNI, BRI, Bank Mandiri, BCA dan bank lainnya yang mengakomodir kebutuhan masyarakat untuk uang elektronik.

“Bagi pengendara yang sementara di depan tol dan belum punya uang elektronik, nanti ada disediakan kartu e-tol untuk dibeli dengan diskon,” katanya.

Sebelumnya, kata Bambang, seluruh gerbang tol Sulsel sudah memiliki fasilitas pembayaran secara non tunai. Menunjang hal itu, rencananya akan dibangun infastruktur ‘top up’ agar lebih memudahkan masyarakat.

“Sekarang kan kalau mau top up itu harus ke masing-masing bank yang menerbitkan uang elektroniknya, nah nanti top upnya bisa di sana semua,” pungkasnya.(hry/rif)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top